Kategori
kesehatan

YKI Bekerjasama Dengan Kementerian Kelautan Dan Perikanan Rangkul Nelayan Cegah Kanker

 

Busur News Com,Jakarta – Guna menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran masyarakat di pesisir pantai mengenai penyakit kanker dan pentingnya pola hidup sehat dalam mencegah dan melawan kanker.

YKI bersama kementerian kelautan dan perikanan mengadakan kegiatan bertajuk “Mewujudkan Hidup Sehat Masyarakat Nelayan” pada hari Minggu 7 Mei 2017 di kawasan Pelabuhan Kali Adem Dishub DKI Jakarta di Muara Angke, Jakarta.

“Sebagian besar kanker berhubungan dengan perilaku dan lingkungan, maka YKI menyambut baik kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan pola hidup sehat dan meningkatkan pengetahuan akan bahaya kanker, dan melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker kepada para nelayan.”jelas Prof.DR.Dr.Aru

Wisaksono Sudoyo, Sp.PD, KHOM, FACP. Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia.
Kanker dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko, seperti tidak merokok atau terpapar dari asap rokok, tidak mengkonsumsi alkohol, melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet, menghindari obesitas dengan diet seimbang dan aktivitas fisik, serta mencegah infeksi yang berhubungan dengan kanker. Selain itu, dengan melakukan deteksi atau skrining sehingga bisa terdiagnosa dini dan mendapatkan pengobatan dengan hasil yang baik.

Kegiatan yang meliputi senam pagi, pemeriksaan deteksi dini di tempat untuk kanker serviks bagi wanita, kanker paru bagi pria serta kanker Nasofaring dan Retinoblastoma bagi anak-anak.

Bagi masyarakat nelayan yang tidak berkesempatan pada pemeriksaan deteksi dini kanker tersebut akan diberikan voucher untuk pemeriksaan gratis di klinik terdekat. Acara akan dilanjutkan dengan hiburan dan demo masak oleh Ibu Susi dan Prof.Aru yang hasil masakannya akan diserahkan secara simbolis kepada para nelayan akan pentingnya pengolahan hasil laut segar demi pemenuhan gizi serta ada lomba mendekor kapal nelayan.(Iksan).