Walikota Depok : Setu Yang Ada Di Sekitar DKI Jakarta Perlu Dibangun Untuk Mengatasi Banjir

 

Busur News Com,Depok- Depok ini merupakan daerah yang punya sejarah yang hampir sama denga Jakarta. Dijaman Belanda ,DKI  Jakarta selalu banjir ,ntuk bisa menyelesaikan masalah banjir,harus adanya Setu.Demikian kata wali kota Depok Idris  Abdul Shomad pada sosialisasi di depok ,Jumat (21/4/2017).

Ketika itu belanda menginginkan Jakarta menjadi Amsterdam Indonesia untuk bisa menyelesaikan persoalan banjir supaya terwujud hal tersebut. Dibuatlah semacam Setu yang ada di sekitar Jabotabek yaitu Jakarta ,Bogor ,Bekasi, Tangerang dan yang paling banyak adalah Depok kurang lebih 30 Setu.

Karena tidak ada pelestarian maka banyak yang hilang dan bahkan Setu yang sangat luas hilang dan bahkan tinggal separuh. Sedangkan dalam Catatan dokumen negaranya masih ada.

“Ini yang ingin kita komunikasi dengan pemerintah Pusat termasuk DKI Jakarta,”ujarnya.

“Dan kita juga tengah meminta agar pemerintah Pusat mau memberikan otoritas dan kewenangan Setu ini ada di Pemerintah Kota Depok. Meskipun Pengelolaan aset nya ke depok. Tapi kalau aset nya diberikan juga ke depok maka 26 setu ini mampu memecahkan masalah  Ruang Terbuka Hijau (RTH),”kata Idris Abdul Shomad.

“Karena masalah RTH pemerintah Depok selalu ditagih dan pemerintah yang lama juga dikejar masalah RTH ditegurlah,”kilahmya.

“Infrastructure juga akan menjadi target untuk diminta perhatian kepada Gubernur baru DKI. Salah satunya Flay Offer UI pintu masuk akan dilebarkan termasuk Japan area lenteng Agung di lebarkan sehingga tidak macet,”jelas wali kota Depok.

“Transportasi publik dan itu bisa dilaksanakan jika pelebaran Jalan itu sudah dilakukan. Jalan Raya Sawangan dan jalan raya kartini yang kita minta untuk di intervensi oleh Pekerjaan Umum termasuk MRT yang kita buat tembus ke tangerang Selatan sasarannya,”tutup  Idris .

(Riena).