Upaya Pengelola Kampung Wisata 7 Berlian Bertahan Di Tengah Pandemi

 

Busurnews.com, Depok -Wabah pandemi Covid-19 memberi pengaruh terhadap keberlangsungan industri pariwisata, termasuk Kampung Wisata 7 Berlian Sawangan Kota Depok. Sejak berdiri Kampung wisata 7 Berlian Sawangan sempat menutup kegiatan usaha wisatanya karena wabah pandemi covid-19 yang mengancam kesehatan masyarakat. Namun terdapat satu kekuatan yang menjadi keuntungan dari wisata kampung 7 Berlian yaitu tidak hilangnya pekerjaan utama masyarakat sebagai upaya bertahan di tengah Covid-19,”tegas CEO Kampung Wisata 7 Berlian Idham Mulyan ,Minggu (27/06/2021).

lanjutnya ,Kekuatan dari wisata tersebut dapat dibuktikan dengan melibatkan masyarakat di wilayah dekat kampung wisata 7 Berlian yang dari awal pihaknya menyerahkan pengelolaan segi penataan kendaraan yang parkir dan membantu juga masyarakat sekitar dalam mencari solusi ditengah pandemi Covid 19 yang sampai saat ini juga masih meresahkan dan Pihaknya juga sadar perlu bantuan dari pengusaha untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dengan cara mengajak pengusaha untuk membuka wisata di kota Depok agar masyarakat dapat berupaya memenuhi kebutuhan sehari-hari yang saat ini terbilang sulit karena masih pandemi Covid 19.Sementara itu,Pihaknya juga ingin bermitra dengan stakeholder dalam mencari solusi agar masyarakat bisa terbantu secara ekonomi ditengah pandemi ini dengan pemberdayaan masyarakat setempat.

Meskipun Kampung Wisata 7 Berlian Sawangan Kota Depok untuk sementara ditutup, namun apabila dilihat dari sisi positif sebenarnya wisata saat ini sedang dalam tahap pengembangan wisata di tengah wabah pandemi Covid-19. Adanya wabah pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi wisata untuk berupaya mengistirahatkan destinasi, khususnya yang berbasis alam. Dalam momentum ini bukan berarti pengelola wisata tidak melakukan sesuatu, namun pengelola wisata dituntut untuk dapat mempersiapkan strategi ke depan pasca wabah pandemi Covid-19.

Kemudian Wisata 7 Berlian ingin punya usaha, strategi, dan langkah unik dalam menghadapi masa-masa darurat Covid-19. Wisata 7 Berlian menyiapkan tempat bagi para pelaku UMKM agar bisa berdagang di wilayah wisata ini.Sehingga masyarakat juga mendapatkan keuntungan dengan dilibatkan di dalam objek wisata 7 Berlian Sawangan Kota Depok.

Adanya wabah pandemi Covid-19 ini harusnya tidak mengurangi semangat dalam membangun wisata melalui pengembangan pariwisata. Momentum ini menjadi kesempatan bagi pengelola wisata untuk melakukan upaya perbaikan fasilitas, peningkatan pelayanan, keterampilan, maupun melakukan inovasi seperti yang dilakukan Wisata kampung 7 Berlian Kami juga percaya setelah wabah pandemi Covid-19 berakhir, industri pariwisata khususnya wisata akan kembali tumbuh dan menjadi lebih baik,”tutupnya.(Dit)