Kategori
Artikel

Tiga kunci UMKM agar bisa menjadi kekuatan baru dalam perekonomian nasional dalam perkembangan digital.

Oleh : Dhedi Razak

Busurnews.com, JAKARTA — Tiga kunci usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar bisa menjadi kekuatan baru dalam perekonomian nasional dalam perkembangan digital.

Kunci UMKM tersebut di antaranya ialah kreativitas, digitalisasi, dan sinergi untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital.
Kunci pertama,, kreativitas menjadi yang utama dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM.
Kedua, digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal.
Kunci ketiga yakni sinergi kebijakan nasional pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM.
Pentingnya kerja sama antara kementerian/lembaga, BI, perbankan, dan otoritas terkait lainnya untuk menyiapkan UMKM yang siap bersaing di pasar global dan domestik.
Pentingnya UMKM dalam menjadikan momentum pandemi covid-19 sebagai kesempatan untuk mengakselerasi penggunaan tekonologi digital dalam bisnis, khususnya optimalisasi pemasaran digital melalui platform e-commerce.
Ke depan seharusnya BI selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga.

@drr