Kategori
kesehatan

Standard Chartered Bank Sumbang Camera Untuk Pemeriksaan Mata Bayi Premature

 

Busur News Com,Jakarta – Penyerahan kamera retina ini merupakan bagian dari Seeing is Believing (SIB), sebuah komitmen global Bank yang dilaksanakan sejak 2003 dan bertujuan untuk mencegah kebutaan dan gangguan penglihatan.

Salah satu fokus dari program ini adalah penyediaan program deteksi dini bagi anak-anak dengan gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata yang dapat dihindari serta pemberian akses bagi pemeriksaan dan pengobatan mata dengan harga terjangkau. Chief Executive Officer Standar

Chartered Bank Rino Donosepoetro menyampaikan bahwa ” Bekerjasama dengan Helen Keller International, sebagai salah satu mitra program SIB, Bank memiliki komitmen untuk mencegah sejak dini gangguan penglihatan dan kebutaan yang dapat dihindari. Salah satu bentuknya, adalah pemberian bantuan kamera retina kepada RSCM yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi bayi prematur yang diduga menderita Retino of Prematurity (ROP/Reinopati Prematuritas).”

Retinopati Prematuritas adalah kelainan pada mata yang terjadi pada bayi lahir prematur. Kelainan ini disebabkan adanya pertumbuhan pembuluh darah retina abnormal yang dapat menyebabkan perlukaan atau lepasnya retina.

Hari ini penyerahan kamera retina yang dipergunakan untuk memeriksa retina bayi lahir prematur kepada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) bersamaan dengan kegiatan buka puasa bersama.

Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh Chief Executive Officer Standar Chartered Bank, Rino Donosapoetro kepada Dr. Nina Kemala Sari, SpPD

Data dari RSCM menunjukkan pada tahun 2013 kurang dari 10% bayi lahir prematur di rumah sakit selain RSCM memperoleh pemeriksaan ROP.

Hal ini disebabkan karena kurang pelatihan, kapasitas dan ketidakmampuan untuk mengidentifikasi bayi berisiko. Ada juga kasus dimana bayi lahir prematur diluar RSCM terlambat dirujuk untuk diperiksa di RSCM. Namun demikian, dalam sejumlah kasus, bayi prematur dengan risiko ROP masih dapat diobati.