Kategori
News

Sosialisasi 4 Pilar Soroti Kriminalisasi ulama dan Bahaya PKI

Sosialisasi 4 Pilar dari MPR-RI kembali digelar hari ini, Ahad (21/05/2007). Kali ini tempat gelaran di daerah Tebet Jakarta Selatan, tepatnya di Gedung Haji Aisyiah.

Busur News Com,Jakarta – Tampil sebagai Narasumber Utama adalah  Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris, Anggota MPR-RI Fraksi PAN dan Muhammad Rizal, S.H., M.Si. Karo Kesekretariatan Pimpinan MPR-RI.

Sebagai Pembicara Pertama, Andi Yuliani secara interaktif dengan para peserta memaparkan beda tugas MPR sebelum dan sesudah amandemen UUD 1945. Salah satu poin yang menarik perhatian serius dari forum peserta adalah kewenangan MPR yang bisa menurunkan presiden.

“Sekarang MPR tidak lagi bertugas dan berwenang memilih presiden tapi masih berwenang untuk menurukan presiden jika presiden melanggar konstitusi,” ungkap Andi Yuliani.

Sementara pada sesi kedua, giliran Moh. Rizal yang tampil sebagai narasumber. Saat dibuka sesi tanya jawab, para peserta memberondong Rizal dengan pertanyaan menyangkut Kriminalisasi Ulama yang bisa menyulut emosi umat Islam.

Menyangkut kasus kriminalisasi ulama, Rizal menegaskan bahwa Umat Islam wajib hukumnya membela para ulama.

“Jika Ulama dikriminalisasi, kita Umat Islam tentu wajib membela dan hak kita untuk menuntut keadilan dalam hukum,” tegas Rizal.

Rizal juga sempat menyoroti tentang bahaya serta pelarangan Partai Komunis Indonesia (PKI).

“PKI  jelas adalah organisasi terlarang yang sudah ditetapkan melalui TAP MPR No.25 tahun 1966  dan UU No. 27 tahun 2009,” urai Rizal.

Secara keseluruhan, sosialisasi 4 pilar kali ini mendapat respon yang sangat positif dari seluruh peserta. Antusiasme peserta bukan hanya bisa dilihat dari begitu banyaknya peserta yang aktif bertanya, namun juga dari jumlah peserta yang membludak memenuhi ruangan karena melebihi kuota yang disiapkan panitia.

Yang menarik dari para peserta, ternyata diantara dominasi ibu-ibu, ada dua remaja putri yang antusias mengikuti seluruh sesi hingga selesai. Mewakili para generasi muda, kedua remaja ini sangat mengapresiasi program sosialisasi 4 pilar.

Reginand, Mahasiswa UPN Veteran Jakarta semester IV menyampaikan harapannya agar kegiatan Sosialisasi 4 Pilar ini lebih diperbanyak frekuensinya dengan melibatkan para generasi muda.

“Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat, mudah-mudahan bisa lebih banyak dan melibatkan rekan-rekan generasi muda,” ungkap Reginand.

Peserta Remaja lainnya, Rima

Arini sofyan, Mahasiswa Semester II Univ. Ahmad Dahlan juga sependapat dengan Reginand dan berharap dengan kegiatan seperti ini bisa menjadi salah satu solusi terhadap kondisi dekadensi moral di kalangan remaja saat ini. (Is).