Kategori
All

*Soal Tahanan Lepas, LSM Penjara Minta Kapolsek Medan Timur Mundur Dari Jabatannya*

 

Busurnews.com, Medan Timur – Larinya tahanan yang terjadi di Polsek Medan Timur sepekan yang lalu persisnya pada Minggu (25/10) lalu menjadi perhatian publik, hal ini membuat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara) angkat bicara.
Kabid Investigasi LSM Penjara, Rahmadsyah meminta Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin agar mengundurkan diri dari Jabatannya.

Pantauan Tim Redaksi dan wartawan RPK RI NEWS yg berada di lapangan mendapat laporan melalui Via WhatSapp (wa)dari Rahmadsyah dari LSM PENJARA Informasi yang dihimpun 8 tahanan yang kabur dari Polsek Medan Timur dikabarkan diduga tinggal seorang lagi yang belum tertangkap oleh pihak Polsek Medan Timur.

Hal ini dibenarkan oleh Kanit Reskrim Polsek Medan Timur, Iptu ALP Tambunan saat dikonfirmasi via WhatsApp. Ia membenarkan tinggal seorang lagi yang belum tertangkap.

“Ya bang, ngejar dulu kami, sudah seminggu kita ngak tidur,” katanya, Senin (2/11).

Saat ditanya nama pelaku yang sudah ditangkap ALP Tambunan enggan berkomentar dan itu akan diungkap setelah tertangkap para pelaku.

“Jangan dulu ya, Kapolsek aja ngak berani bang, setelah dapat semua baru kita ini ya bang,” ungkapnya.

Terkait lepasnya tahanan tersebut Kabid Investigasi LSM Penjara Rahmadsyah angkat bicara, ia menilai adanya kelemahan sistem pengawasan yang ada di Polsek Medan Timur.

“Itu membuktikan lemahnya sistem pengawasan yang ada di Polsek, seharusnya Kapolsek harus mempertanggungjawabkan kepada publik, apalagi sudah seminggu ada apa?,” Katanya.

Sambung Rahmadsyah menegaskan Kapolsek Medan Timur harus mundur dari jabatannya, hal itu sebagai bentuk pertanggungjawaban dirinya terhadap kinerjanya.

“Dia harus mundur sebagai bentuk kegagalan dia dalam bekerja, dari sisi tahanan lepas saja itu sudah merupakan kesalahan besar, apakah Kapolsek sudah diperiksa propam atau belum terkait kenapa tahanan itu bisa lepas,” tegasnya.

“Saya rasa itu murni kesalahan Kapolsek karena lemahnya kinerja pengawasan yang terjadi di Polsek,” imbuhnya.

Dalam waktu dekat LSM Penjara akan menyurati Kapolda agar segera mengganti Kapolsek Medan Timur.

“Kita akan menyurati Kapolda, karena inikan bagian tidak mampu bekerja kapolsek ngapain dipertahankan, masih banyak lagi perwira-perwira yang mungkin lebih bagus lagi kinerjanya daripada Kapolsek sekarang, inikan bikin malu institusi kepolisian, dan ini harus diperiksa Propam,” pungkasnya.

Kapolrestabes Medan Riko Sunarko saat dikonfirmasi hingga berita ini diterbitkan lagi-lagi belum membalas.
RED/MPH RI