Kategori
Liputan Khusus

Serba Serbi di Aksi 313 Damai.

 

Busur News Com,Jakarta-Aksi 313 ribuan massa seusai solat jumat berjalan menuju patung kuda Monas.Mereka akan berkumpul menuju Istana Presiden di medan merdeka Barat.Tetapi jalan menuju istana  di tutup.Jalan merdeka timur tersendat krn tidak bisa ke istana.Mereka dihalangi oleh kawat berduri,pasukan mobil barakuda,TNI,POLRI ,Densus 88.Keamanan yang sangat ketat.

Densus 88 ikut mengamankan aksi 313

Akhirnya massa pengunjuk rasa Kumpul di patung kuda Monas hanya  mendengar rekaman pidato FPI Habib Riziq .

Maksud para pengunjuk rasa 313 Mereka akan mendesak jokowi agar Ahok dipecat dari Gunbernur karena sudah sebagai tersangka.Dari anak-anak tua…muda.pelajar berjalan kaki menuju Monas.dan merdeka barat.sambil berzikir.

 

Para pelajar

ikut aksi damai 313

Dalam aksi ini ada juga oknum pencopet.yang mengambil HP pengunjuk rasa. Dan sempat dihakimi massa ,lalu diamankan petugas.

Aksi kali ini melibatkan Orang jompo dan orang cacat fisik dengan menggunakan tongkat ikut aksi masa 313 .

 

Orang tua jompo ikut aksi 313

Pendemo berzikir sepanjang jalan dan berteriak – teriak minta Ahok ditahan karena sudah jadi tersangka.penista agama .

Kepolisian Mapolda Metro Jaya dikabarkan mengamankan sejumlah pimpinan Forum Umat Islam (FUI) yang hendak melakukan aksi turun ke jalan kemaren. Aksi ini menuntut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dicopot dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta karena menyandang status terdakwa kasus penistaan agama.

Orang cacat juga ikut aksi damai 313

Tim Pengacara Muslim (TPM), Achmad Michdan, saat dikonfirmasi menyebut salah satu yang ditangkap adalah Sekjen FUI, Muhammad al Khaththath. Muhammad al Khaththath juga pimpinan aksi 313.

Ditangkap dini hari kemaren sebelum acara demo. Para makar pemimpin demo di ciduk polisi karena tindakan makar 5 org. M.al fatah (FUI). Andri jam 2 pagi dijemput oleh polisi aktifis pergerakan .Juga zaenuddin Ashad ,Irwansyah.

Tomi Suharto tak luput diperiksa polisi

Tomi suharto tak luput diperiksa polisi karena adanya dugaan makar bersama Firza Husen sebagai pengumpul dana makar.Mereka ditangkap .bersama 10 sahabat cendana pengumpul dana kegiatan pendanaan makar.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin berpendapat, sebenarnya tidak perlu lagi ada aksi unjuk rasa 313 yang  digelar kemaren .

Menurutnya, tuntutan para pengunjuk rasa, sudah sering dilontarkan. Pemerintah pun sudah menampung aspirasi tersebut.

“Seharusnya tidak perlu lagi demo-demo seperti itu. Sebenarnya sudah cukup didengar keinginan-keinginan itu,” ujar Ma’ruf kepada awak media di Kompleks Istana Presiden kemarin.

Ketua NU Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj menyayangkan tujuan Aksi 313 yang  dilakukan  kemaren, menurutnya masih banyak hal yang bisa dijadikan alasan untuk melakukan aksi demo, daripada sekadar mengatasnamakan agama dengan tujuan untuk mengalahkan seseorang atau memenangkan seseorang,:jelasnya.

“Kalau demo itu untuk menegakkan kebenaran yang universal, demi menjaga NKRI, ada ancaman besar bagi bangsa ini, mari kita demo,” ujar Said Aqil Siradj saat diwawancarai Kompas TV, Rabu (29/3) petang.

“Demo anti-narkoba, demo anti-korupsi, demo anti-teroris, demo anti-paedofil, ya itulah penyimpangan-penyimpangan yang merugikan bangsa ini,” tambah Said Aqil Siradj.

Menteri koordinator bidang Politik Wiranto

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto berharap aksi 313 , agar aksi tersebut tidak mengganggu.Harapannya masyarakat Jakarta bisa tetap menjalankan aktivitas seperti biasa saat aksi digelar.

“Demo yang menakuti rakyat membuat khawatir tentu merugikan kita, Merugikan masyarakat juga. Masyarakat tenang jangan ikut ikutan, sebab (demo) ini sudah jelas sasarannya bagaimana. Biar ditampung oleh lembaga yang memang didemo,” ucap Wiranto.

Tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi 313 yakni meminta Presiden Joko Widodo untuk segera memberhentikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatan Gubernur DKI Jakarta karena menjadi terdakwa kasus dugaan penodaan agama. (Riena).