Selamat Hardiknas 2021 Dengan Tema “Serentak Bergerak, Mewujudkan Merdeka Belajar”

 

Busurnews.com, Bali – Hari Pendidikan Nasional 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2021 kali ini mengangkat tema “Serentak Bergerak, Mewujudkan Merdeka Belajar”.

Ketua HAMI Bali Bersatu Agustinus Nahak, SH., MH menyampaikan selamat hari pendidikan 2021 dan mendoakan semoga dengan tema Hardiknas tahun ini menjadi inspirasi dan pejewantahan pendidikan dalam segala lini.

“Sejarah Hari Pendidikan Nasional juga bertepatan dengan tanggal kelahiran Ki Hajar Dewantara. Perkembangan pendidikan di Indonesia tentu tidak lepas dari jasa pahlawan nasional yang satu ini, yaitu berkat jasa perjuangan Ki Hajar Dewantara. “Jelas Agustinus Nahak kepada para awak media melalui daring, Minggu (2/5).

“Ki Hajar Dewantara sangat Dedikatif dan dikenal sebagai pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia pada zaman pejajahan Belanda. Ki Hajar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa pada 3 Juli 1922. Perguruan ini sangat menekankan pendidikan rasa kebangsaan kepada peserta didik, agar mencintai bangsa dan Tanah Airnya serta berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.”Paparnya

Ia juga menegaskan bahwa Ki Hajar Dewantara juga dikenal sebagai pencetus istilah semboyan dengan sistem pendidikan yang digunakannya. Hingga kini semboyan tersebut populer sebagai semboyan dunia pendidikan. Secara utuh, semboyan itu dalam bahasa Jawa berbunyi “ing ngarso sung tulodo”, “ing madyo mangun karso”, “tut wuri handayani” yang artinya “di depan memberi contoh”, “di tengah memberi semangat”, “di belakang memberi dorongan”.

“Kami semua dari HAMI BALI BERSATU mengucapkan Selamat dan semangat dalam bergerak serta merdeka dalam berpendidikan merata di seluruh Indonesia, “Tegas Agustinus Nahak.

Laporan: JL