Kategori
All

SDN Purwantoro V Tanamkan Siswa Paham Lingkungan

 

BusurNews. Com,MALANG RAYA,- Pendidikan karakter berwawasan lingkungan juga menjadi bagian program ajar di SDN Purwantoro 5.

Para siswa disekolah tersebut diberikan pemahaman tentang pentingnya lingkungan disekolah. Salah satunya tentang serapan air , yang dikerjakan dan dibor oleh para siswa setempat , Selasa (10/10)

“ Mengenai biopori di SD kami memang bagian dari program , dikelas 4 sendiri ada pelajaran tematik tentang lingkungan hidup. ” ungkap Kasek , Noenoek Wahjoeni,S.Pd.,M.Pd pada busur news com.Rabu (11/10)

“Selain untuk resapan air dilingkungan sekolah, juga untuk persiapan menuju Adiwiyata dikota ” imbuhya.

Dari pantauan busur news com kemaren, memang nampak para siswa setempat tengah melakukan pengeboran untuk pembuatan biopori dilingkungan sekolah. Ada sekitar 20 titik biopori yang berfungsi sebagai resapan . Sehingga pada saat hujan ,air tidak lagi menggenang dihalaman sekalipun sudah pavingisasi.

9

Informasi dari guru walikelas satu,Cholila mengatakan,saat para siswa SDN Purwantoro 5 mengerjakan pembuatan biopori didampingi oleh bu Dini guru olah raga.

“Dengan demikian anak-anak lebih termotivasi dan merasa senang.Unsur gotong royongnya yang ditekankan ” jelas wali kelas satu yang kematen terlihat juga turut mendampingi proses pengeboran biopori.

m

Para guru pengajar dan pendidik sekolah setempat juga menerapkan pada siswa soal kebersihan kelas,dari pengamatan terlihat sepatu siswa ditata berjejer didepan ruang kelas dua,ruanganyapun terlihat bersih dan rapi,hanya lemari kelas untuk rak buku yang sepertinya perlu diganti,karena kelihatan kayunya sudah lapuk dimakan usia pemakaian.

Menurut guru kelas dua,soal kebersihan kelas maupun sekolah,terus ditanamkan pengertian pada siswanya sebagai rasa tanggung jawab bersama ikut memiliki.

“Alhamdulillah untuk siswa kelas dua tanpa disuruh,anak -anak sudah muncul kesadaran menjaga kebersihan ruang kelas ” terang walikelas 2,Yulisih(Galih).