Kategori
All

Ritual “Nyadran” Di Pemakaman Desa Menyambut Datangnya Ramadhan

 

Busur News Com, Boyolali – Pemerintah Desa dibantu Karang taruna Rogoberanti Desa Bandung mengadakan ritual “nyadran” di Pemakaman Desa pada Minggu (21/6/2017).

Ritual ini dilakukan setiap tahun dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang dimulai pada  sabtu (27/5) mengikuti jadwal yang sudah ditentukan oleh pemerintah melalui kementerian Agama.

“Ini merupakan kegiatan ritual dalam melestarikan budaya nenek moyang kita dalam menyongsong bulan suci Ramadham yang kita nanti kan,” Jelas Pak Handoyo (kades desa Bandung).

Selanjutnya  handoyo mengungkapkan,bahwa  acara ini memakai cara -cara Islam,dimulai dengan bersih bersih area pemakaman desa dari mulai jalan masuk sampai dalam pemakaman,dilanjut kultum dan kenduri (selametan ).

 

“Kegiatan ini sangat baik,ini merupakan salah satu bentuk kita kepada Bangsa ini yaitu melestarikan salah satu budaya nenek moyang leluhur kita,”Ungkapnya.

“hal ini dilakukan dalan rangka menziarahi makam leluhur,”ujarnya.

Warga sangat antusias terhadap kegiatan tersebut kata Arwani(ketua karangtaruna).

“Hal ini  merupakan salah satu kegiatan yang bisa memupuk rasa kebersamaan dan ajang saling maaf memafkan antara warga masyarakat sebelum kita memasuki bulan suci yang kita nanti nantikan,”kata Arwanti.(Patih).