Reses Bersama ‘Opung’ Sabam Dalam Keberagaman

 

Busurnews.com , Jakarta, Anggota DPD RI Sabam Sirait 2019-2024, yang tak kenal menyerah dalam percaturan politik. Dia masih dipercaya oleh warga DKI Jakarta, di lima Wilayah Kota Administratif dan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu) 2019 yang lalu dengan perolehan suara sebanyak 626.618 suara sah.

DPD RI sebagai Lembaga Legislatif non Partai Politik, (seperti yang diatur dalam Pasal 22D UUD 1945 dan Tata tertib DPD RI), memiliki fungsi, yaitu, fungsi Legislasi; fungsi Pengawasan; dan fungsi Anggaran sesuai dengan kewenangannya).

Selain dari pada itu, DPD RI juga terus berusaha memperkuat kewenangannya sebagai salah satu Lembaga Perwakilan dalam memperjuangkan kepentingan daerah pada tingkat nasional.

Dalam melaksanakan Tugas Konstitusionalnya, DPD RI membentuk Alat Kelengkapan Tetap yang disebut Komite dan Alat Kelengkapan Tambahan lainnya.

Ada 4 Alat Kelengkapan Tetap DPD RI, yaitu Komite I – IV yang mana setiap Komite memiliki ruang lingkup tugas yang berbeda.

Berdasarkan pada kemampuan, wawasan dan pengalaman politik, Opung (panggilan akrabnya:red) Sabam Sirait dipercaya untuk mengemban tugas di Komite I DPD RI.

Komite I, mempunyai lingkup tugas pada bidang otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, serta pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah. Lingkup tugas Komite I sebagaimana dimaksud diatas dilaksanakan dengan memperhatikan urusan daerah dan masyarakat, mencakup pada bidang : pemerintah daerah; Hubungan pusat dan daerah serta antar daerah; Pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah; Pemukiman dan kependudukan; Pertanahan dan tata ruang; Politik, hukum, HAM dan ketertiban umum; dan Permasalahan daerah di wilayah perbatasan negara.

Selain menjalankan tugas-tugas konstitusional pada masa sidang, anggota DPD RI juga melakukan kegiatan konstitusional di luar masa sidang atau yang disebut juga kegiatan Reses.

Reses anggota DPD RI adalah menampung, menyerap, menindaklanjuti dan memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam satu daerah. Selanjutnya hasil penyerapan aspirasi ini, akan dibawa dalam sidang Paripurna DPD RI guna ditelaah, ditidaklanjuti atau dievaluasi berdasarkan skala prioritas.

Kegiatan Reses ini, anggota DPD RI juga berkewajiban melaksanakan tugas yang menjadi pokok bahasan yang telah ditetapkan berdasarkan ketetapan dari Komite anggota DPD RI.

Opung selalu berusaha dan berjuang menjalankan amanat warga DKI Jakarta, demi tercapainya Jakarta yang damai, aman, nyaman, maju, menuju masyarakat adil, sejahtera dalam keberagaman.(Dem)