Raker Ketua Umum Membuka kerda SMSI Provinsi Jawa Barat

 

Busurnews.com  BANDUNG – Rapat Kerja Daerah ke-3 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jawa Barat dibuka Ketua Umum SMSI, Firdaus, Selasa (17/3/2020).

Acara yang digelar di Hotel Prama Grand Preanger Jalan AsiA Afrika, Kota Bandung tidak saja dihadiri oleh anggota dan pengurus SMSI tingkat kabupaten/kota se-Jabar, melainkan juga pengurus dan anggota SMSI pusat.

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jawa Barat, Hardiyansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa Rakerda tersebut merupakan bagian dari program kerja rutin organisasi dan menciptakan perusahaan media siber yang profesional dan beritegritas juga untuk membantu perusahaan-perusahaan media siber menjadi perusahaan yang profesional dengan kualitas jurnalistik yang baik.

“Rapat kerja daerah ini sebagai upaya konsolidasi anggota dan pengurus SMSI di Jabar, serta untuk menyusun program-progam yang akan dilaksanakan selama setahun ke depan,” kata Andhy-sapaan akrab Hardiyansyah.

Rakerda, lanjut dia, juga termasuk bentuk syukuran karena SMSI berhasil meraih penghargaan MURI pada awal Maret 2020.

“Alhamdulillah, SMSI Jawa barat sebagai penyumbang terbanyak dan tercepat rilis berita yang dikirimkan SMSI Pusat,” ucapnya.

Dalam kesempatan sambutannya, Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat, Firdaus berharap SMSI mampu mengkonsolidasikan kekuatan anak bangsa.

“Kita harus berani melompat, SMSI Jawa Barat harus profesional, karyawannya harus digaji agar mereka patuh dan mudah dikontrol,” harapnya.

Hal terpenting lainnya, tinggal kepintaran dari Redaktur dalam mengolah berita. “Jangan cuma bisa copy paste,” tegas Firdaus.

Media online, kata dia, bisa saja mati, tapi yang namanya penulis tidak akan bisa mati. Alasannya, seorang penulis bisa membuat sebuah narasi yang diperlukan dan itu yang bisa jadi modal utamanya.

Dalam Rakerda bertemakan “Peluang dan Tantangan Media Siber Di Era Digital” , Firdaus membenarkan SMSI Jawa Barat sebagai penyumbang anggota SMSI terbesar.

“Mudah mudahan sebelum lebaran nanti kita sudah menjadi Konstituen Dewan Pers. Saat ini, dari 15 provinsi yang ditentukan Dewan Pers, SMSI telah memiliki 31 perwakilan provinsi,” ujar Firdaus.

Sebelum memulai rapat kerja, kegiatan diawali Seminar bertajuk “Peluang dan Tantangan Media Siber di Era Digital”. Selaku pembicara menghadirkan nara sumber Kamsul Hasan (Dewan Pers), Priskila Ifka Goni (PT. AdAsia) dan Haydin Haritzon (Kepala Humas LPS), serta Melly Mellysa Widyastuti (Ayo Media Network).

“Kita berharap dengan adanya kegiatan seminar dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita, para pengelola media siber,” harap Ketua panitia Rakerda SMSI Jawa Barat, Asep Budi Heryanto.

Kegiatan Rakerda ke-3 SMSI Jabar, tambah Asep, terlaksana atas dukungan para sponsor, diantaranya bank BJB, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), bank BJB Syariah dan PT. Pos Indonesia.

Terpisah, ketua SMSI Bekasi Raya Doni ardon mengaku bangga dapat menghadiri Rakerda ke 3 SMSI Provinsi Jawa Barat. Dirinya hadir bersama 11 pengurus SMSI Bekasi Raya lainnya, yakni Melody Sinaga (jakposnews.com), Doni Ardon (mitranews.net), Asep Saepuloh (jurnalindonesiabaru.com), Heru Budian Timor (newsbekasi.id), Udin (desawisata.co.id), Taufik (topikkita.com), M. Eka Noviandri (politika.co.id), Rahmat (globalmedianews.co.id), Endang Kusnadi (www.qjabar.com), Bisri (beksiindonesianews.com), Yusuf (esaasakitanews.com) dan Dadang Marasabessy (lokalhubnews.com).

“Alhamdulillah semua pengurus hadir lengkap, mulai dari jajaran sekretaris, bendahara dan pengurus lainnya, termasuk penasehat kami bang Melody Sinaga juga hadir,” ucapnya. (Rn,ef)