Kategori
All

PT Semen Indonesia Persero Melakukan PUB sebesar 8 Triliun

Busur News Com,Jakarta – PT Semen lndonesia (Persero) Tbk, (“Perseroan”) pada hari ini mengumumkan aksi korporasi untuk melakukan penawaran umum obligasi dengan mekanisme Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) sebesar Rp. 8 (delapan) triliun.Di

Rizt Calton pada( 15/5/2017).
Perseroan akan Melakukan Penerbitan secara bertahap dimana penawaran Tahap l Tahun 2011 dilakukan dengan jumlah pokok obligasi sebanyak-banyaknya sebesar Rp. 3 (tiga) triliun dengan jangka Waktu obilgasi adalah 5 (lima) tahun. Sedangkan bunga obligasi dibayarkan setiap triwulanan
(3 bulan) sesuai dengan tanggal pembayaran bunga obligasi, terhitung sejak Tanggal Emisi.

Obligasi yang akan ditawarkan tersebut telah memperoleh hasil pemeringkatan AA+ (double A Plus) dari PT Pemeringkat Efek lndonesia (PEFlNDO).

Seluruh dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Obligasi Tahap l ini setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, rencananya akan dipergunakan Perseroan untuk keperluan sebagai berikut :

Sebanyak-banyaknya Rp 1,37 triliun akan digunakan untuk refinancing utang kredit sindikasi anak perusahaan Perseroan, yaitu PT Semen Tonasa.

Sisanya akan digunakan untuk Modal Kerja Perseroan.

Masa penawaran awal (book building) obligasi ini akan dilakukan pada tanggal 15 hingga 29 Mei 2017, sedangkan perkiraan masa penawaran umum akan dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 9 Juni 2017. Pencatatan Obligasi di Bursa Efek lndonesia direncanakan pada tanggal 15 Juni 2017.

Dalam aksi korporasi ini, Perseroan menunjuk PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek. Sedangkan Lembaga Profe Penunjang Pasar Modal yang terlibat.

Penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan, dengan target dana yang akan dihimpun sebesar 8 Triliun.

Dalam rangka penawaran umum berkelanjutan tersebut. Perseroan akan menerbitkan dan menawarkan obligasi berkelanjutan Semen Indonesia tahap 1 tahun 2017, dengan jumlah pokok sebanyak-banyaknya sebesar 3 Triliun.

PT Semen indonesia (Persero) Tok (“Perseroan”) merupakan sebuah perusahaan dengan kegiatan usaha utama yaitu industri persemenan berkedudukan di Jawa Timur indonesia. Sesuai dengan Pasai 3 Anggaran Dasar Perseroan, maksud dan tuiuan Perseroan adalah berusaha dalam bidang industri, persemenan, pertambangan, produksi, perdagangan barang dan jasa, energi, pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun,

serta melakukan usaha pengelolaan atau manajemen perusahaan.
Perseroan memiliki 4 Pabrik yang terdapat:
Tuban di Jawa Timur, Pabrik lndarung di Sumatera Barat, Pabrik Tonasa di Sulawesi Selatan, dan
Pabrik TLOC di Quang Ninh province, Vietnam.

Kepemilikan saham di dalam Perseroan hingga 30 April 2017 tercatat 519196 dimiliki oleh
Pemerintah Republik indonesia dan 48,99% dimiliki oleh masyarakat (masing-masing dibawah 5%).

(Evelyn).