Kategori
All pariwisata

Pesona Gerojokan Gunung Dawung Dari Boyolali Utara

 

Oleh : Patih Arwani

 

Busur News Com,Boyolali- Anda galau setiap masuk musim liburan atau weekend mau kemana?tidak usah bingung, anda tetap akan mendapat suguhan pemandangan yang luar biasa bisa memanjakan mata anda,sudah itu gratis tidak dipungut tarif apapun,termasuk parkir,nah anda pasti penasaran dong?

“Gerojokan gunung dawung” yaitu sebuah air terjun yg berada pada sungai yang tidak begitu besar (jadi sangat aman untuk berenang) yang diapit dua pegunungan kecil,antara gunung dawung dan gunung pereng.

Biar anda tidak penasaran kunjungi saja,Di sebuah desa bagian dari Kabupaten boyolali tepatnya di desa bandung kecamatan wonosegoro, terdapat air terjun pada aliran sungai yang di apit dua pegunungan kecil dari sisi kanan kirinya.

Airnya yang jernih  dan  bisa menghipnotis anda untuk bermanja manja di air terjun yang jernih so cool aliran dari “sendang gowok” tidak cuma itu,begitu masuk kawasan tersebut mata kita juga disuguhi pemandangan yang hijau dari pohon sekitar yang berdekatan dengan hutan lindung desa,tidak kebayang dong bagaimana dinginya……???brrrrr.

Nah masih ada satu lagi nih di wilayah tersebut merupakan daerah larangan untuk berburu,jadi sudah pasti telinga kita tidak asing menangkap suara kicauan burung burung liar, tapi tenang saja tidak ada binangang buas yang membahayakan pengunjung.

Sungai dan air terjun ini bukan tiba tiba ditemukan begitu saja,tapi ini terjadi secara alami,karena diatas sungai tersebut memang ada beberapa hektar hutan lindung yang tujuanya adalah melindungi satwa yang ada dan merupakan daerah resapan air .

“Karena dulu desa Bandung begitu masuk musim kemarau selalu kesulitan air bersih ,”cerita Pak Handoyo ( kades bandung) yang ditemui tim redaksi Pada senen (22/5/2017)

“Hutan lindung tersebut milik pemerintah desa untuk mencari dan mempertahankan sumber mata air serta harapanya para pemuda dan warga bisa memanfaatkan tempat tersebut dengan sebaik baiknya, karena dengan adanya hutan lindung tersebut sudah selaras dengan slogan Bupati Boyolali yaitu Boyolali Ijo Royo Royo,”ungkap Handoyo.

Menurut Bayu pengelola hutan lindung ,Ini merupakan salah satu bagian kreatifitas pemuda dengan dibantu pemerintah desa bagaimana kita bisa menggali mencari potensi yang ada didesa yaitu salah satunya adalah sektor pariwisata .

“Kita sangat berterimaka kasih kepada pemerintah desa karena program hutan lindung desa sangat bermanfaat bagi warga khususnya bisa terpenuhinya kebutuhan air bersih,” pungkas Bayu.

Menurut ibu Tujiati seorang warga dan juga pedagang kecil mengatakan ,bahwa  beliau sangat terbantu dengan adanya tempat.wisata didesa ,sehingga  pedagang kecil dapat menambah penghasilan dari jualan disekita air terjun “sendang gowok” tersebut  ,” katanya mengakhiri.(Pa)