Kategori
All

Perselisihan Sengit Antara Pemerintah Presiden RI Jokowi/Jk Dan Penambang Freeport McMoRan Papua

 

oleh : Dr. Dhedi Rochaedi Razak, S.HI, M.Si

 

Busur News Com, Jakarta- Perselisihan sengit antara pemerintah Presiden RI Joko Widodo/JK dan penambang Freeport-McMoRan, yang mengoperasikan salah satu tambang emas dan tembaga terbesar di dunia di provinsi Papua di Indonesia.

Perubahan peraturan pertambangan Indonesia pada bulan Januari menyebabkan macetnya ekspor konsentrat tembaga Freeport.
Untuk mematuhi peraturan baru ini, para penambang di Indonesia sekarang harus mendapatkan kontrak khusus–
sebuah peraturan yang menurut Freeport melanggar kontrak yang ada. –

Bangsa ini telah membuktikan komitmennya terhadap reformasi ekonomi dan struktural–
sebuah isu utama bagi investor asing–melalui langkah-langkah seperti arahan amnesti pajak sehingga dapat membantu membersihkan kesalahpahaman bahwa Indonesia tidak menyambut baik perusahaan luar negeri.

Episode saat ini dengan Freeport tidak menimbulkan masalah karena kontrak kerja Freeport dengan negara tersebut, yang awalnya dirancang pada awal 1990-an, telah sering mengalami revisi selama beberapa dekade. –

 

Meskipun Freeport mempekerjakan penduduk setempat, banyak orang Indonesia percaya bahwa perusahaan tersebut menghancurkan keanekaragaman hayati Papaua yang terkenal dan mengambil keuntungan dari pemerintah.

Hal itu merupakan keluhan yang tercermin dari demonstrasi anti Freeport di seluruh negeri.

Secara lebih luas, episode tersebut mencerminkan kritik terhadap kepemilikan asing atas sumber daya Indonesia yang mencakup gas alam dan berbagai mineral.

*Landasan ideologis nasionalisme sumber daya memiliki akar yang dalam di Indonesia (dan) lingkungan politik kontemporer telah memberi lebih banyak utilitas politik dan daya tarik yang abadi saat para politisi memobilisasi narasi nasionalis untuk memenuhi tuntutan publik*.

  1. (Riena)