PERNYATAAN AUSI DALAM KOMITMEN BERSAMA UNTUK KEBERDAYAAN UMKM

 

BusurNews .Com.,MALANG RAYA ,-
Forum diskusi dan dialog yang diikuti oleh pelaku usaha kecil dan menengah, asosiasi UMKM Malang Raya bersama perwakilan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Universitas Prasetiya Mulya dan PT Bogasari di Bululawang Malang dan di sentral kegiatan Asosiasi UMKM Samudra Indonesia di Jl. Cengger Ayam Malang pada tanggal 6 Januari 2018 kemaren , bertujuan membangun kebersamaan dan sinergi untuk pemberdayaan UMKM yang ada di Malang Raya.

Dari dialog di antara berbagai pihak tersebut, muncul gagasan konstruktif perlunya dirumuskan langkah-langkah strategis dan agenda aksi yang secara konkret berdampak pada keberdayaan UMKM.

Untuk menindaklanjuti hasil dialog tersebut, maka telah disepakati dengan membuat pernyataan komitmen kebersamaan untuk keberdayaan UMKM, dengan isi pernyataan

1. Kehadiran UMKM yang selama ini diakui sebagai kekuatan perekonomian rakyat yang handal, terutama ketika bangsa kita menghadapi situasi krisis, keberadaannya belum sepenuhnya mendapat perhatian, pelayanan dan pembinaan secara maksimal dari Negara/Pemerintah dan kalangan swasta.
2. Di tengah-tengah keterbatasan kemampuan Pemerintah dalam mem-fasilitasi kehidupan UMKM, diperlukan keterlibatan dunia perguruan tinggi, dunia usaha dan kelompok profesional untuk membantu kemampuan dan keberdayaan UMKM sesuai dengan bidang masing-masing. Slogan *”Yang besar dan yang kuat membantu yang kecil dan yang lemah”* perlu dibumikan secara lebih konkret dengan prinsip saling menghormati.
3. Untuk meningkatkan keberdayaan UMKM dan menjamin terlaksananya kebersamaan di antara berbagai pihak dalam usaha memajukan UMKM, perlu dibentuk tim khusus yang mewakili berbagai pihak terkait, yang bertugas merumuskan langkah strategis, rencana program, dan berbagai agenda yang diperlukan untuk mewujudkan keberdayaan UMKM.

Pernyataan tersebut ditandatangani oleh.
1. Perwakilan Pemerintah
*Dirjen Bina Penta Kementerian Tenaga Kerja RI – Ir. Maruli A. Hasoloan, MA., Ph.D*
2. Universitas Prasetiya Mulya
*Prof. Agus W. Soehadi, Ph.D*
3. PT Bogasari
*Paulus Soegiono Dharma Tjipto*
(NDIV. Office of Kadiv PT. ISM Tbk. Divisi Bogasari)
4. Asosiasi UMKM Malang Raya dan pelaku UMKM.
*Lila Aldina, SE*
(Ketua Asosiasi UMKM Samudra Indonesia )

Hal tersebut diatas adalah isi piagam kerjasama antara asosiasi umkm dengan pemberi CSR. Sekaligus pengukuhan umkm Samudra Indonesia (AUSI) serta pembukaan Keraton Samudra Tradisional Food Resto. Dengan Susunan pengurus AUSI : Penasehat (Gus Fatkurrohman), Pembina (Gus Saifullah Mahsum dan H Syamsul Arifin), Ketua umum (Lila Aldina, SE).

Kepada Busur News Com. Ketua Indonesia Bekerja (INAKER ) pengcab Malang Kota yang turut hadir juga memberikan apresiasinya ,
” Tentunya pelaku umkm yang ada di wilayah Malang Raya akan terus berkembang,karena INAKER turut mendukung bahkan bersinergi dengan pihak KADIN .” ujar Davit Rosiano.(Galih).