Kategori
Nasional

Pemerintah Dan Organisasi Masyarakat Gelar Seminar Dan Pameran Inovasi Pelayanan Publik

 

Busur News Com,Jakarta

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi ( Kem Pan RB ) dan open data Lab Jakarta telah menggelar seminar dan pameran inovasi pelayanan publik berbasis data terbuka dan diselenggarakan bersama dengan open Govermment Indonesia dan didukung oleh food Fondation dan making all voices count.

Ibu Dian sedang memberikan sambutan pada pembukaan seminar di KEMENPAN RB

Acara pengguntingan pita oleh ibu Dian  didampingi oleh pak Aminuddin diadakan di gedung Kementrian PANRB di Jakarta  ,Rabu  ( 22/3/2017).

Tujuan diadakan acara ini ialah membuka ruang diskusi dan ajang aspresiasi bagi berbagai aktor baik pemerintah maupun organisasi sipil yang berkontribusi meningkatkan pelayanan publik melalui pemanfaatan data terbuka .

Haadir 120 orang undangan perwakilan dari kementerian,pemerintahan provinsi,kota dan kabupaten serta lembaga masyarakat.

Seminar ini dibuka oleh ibu Diah Natalisa Deputi bid pelayanan publik dan diharapkan akan menjadi wadah komunikasi ,apresiasi dan pertukaran ide antar instansi pemerintah serta masyarakat dalam peningkatan pelayanan publik Indonesia kearah yang lebih baik.

Dalam sesi seminar perwakilan dari pemerintah daerah yang telah menghasilkan inovasi dalam melakukan pelayanan publik berbicara dan berbagi pengalaman yaitu wakil dari DKI Jakarta,Wkl dari walikota Bandung,Sekda Pontianak,Sekda Batang ,Dir .penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian agama ,Dirjen. Anggaran Kementerian dan keuangan ,Sekretariat open Goverment Indonesia dan Kantor staf President.

Organisasi masyarakat yang akan berbagi mengenai inovasi diantaranya: Open Data Lab Jakarta dan Sekretariat Nasional Fitra.

Dalam pameran tsrsebut masing- masing perwakilan daerah dan organisasi masyarakat akan menampilkan hasil karya inovasi mereka.Dan juga yang mengikuti pameran Adalah Assosiasi Pemerintah kota seluruh Indonesia(APEKSI) ,Radya Labs Bandung dan ICAIOS Banda Aceh.

Open Data Lab Jakarta menampilkan hasil inovasi dan riset yang menunjukan nilai dan manfaat dari open data dalam memecahkan persoalan kota di Indonesia.

Disamping itu juga akan berbagi pengalaman dalam implementasi program open data dalam mendukung keterbukaan,Akuntabilitas dan peningkatan pelayanan publik di Indonesia.

Keterbukaan informasi dan data merupakan unsur penting dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas serta perbaikan publik , karena dapat membuat gambaran jika terdapat ketimpangan dalam pelayanan publik.

Indonesia saat ini telah memiliki payung hukum yaitu UU no 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi publik(KIP) yang menjamin hak masyarakat untuk meminta data dan informasi.Idealnya tidak hanya masyarakat yang aktif meminta akan tetapi pemerintah juga harus proaktif dalam membuka informasi dan data.(Riena).

,