PEMBUATAN EMBUNG DALAM TANAH DIREALISASIKAN OLEH INAKER

 

BusurNews. Com,MALANG RAYA ,-  Ketua Dewan Pendiri INDONESIA BEKERJA /INAKER ,Gaguk K Triyana hari Minggu 05 Nop 2017 bersama masyarakat anggota Koperasi HIPAM Sumber Barokah dan disaksikan PERTAMINA PHE-WMO memulai pembangunan embung dalam tanah di Badang Daya, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan.

Dalam sambutannya Gaguk mengatakan, bahwa pembangunan embung yang menggunakan sistem teknologi IOPORI diharapkan dapat menjadi solusi pemecahan masalah air, dimana pada saat musim kemarau tanah akan lebih produktif sebagai lahan pertanian, sehingga bisa membantu petani dalam meningkatkan taraf ekonomi dari hasil pertaniannya.

“Tehnologi IOPORI berguna menyimpan air hujan sepanjang tahun didalam tanah . Dan hal tersebut juga sudah dilakukan dibeberapa tempat didaerah daerah.” ujar Gaguk selaku KDP INAKER

Hal tersebut juga di amini oleh Arman selaku wakil PERTAMINA PHE-WMO yang dalam sambutnya menyampaikan, bahwa perusahaan yang pernah meraih proper emas ini memiliki kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat Kabupaten Bangkalan.

Pembuatan embung tersebut merupakan salah satu bukti nyata terhadap konsistensi PHE WMO dalam pengelolaan Lingkungan Hidup khususnya dalam penyediaan air untuk lahan pertanian.

Pelaksanaan pembuatan embung yang dibuat dengan 12 titik pengeboran tanah dilalukan secara gotong royong bersama masyarakat setempat dan juga akan diisi dengan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk mandiri yang bahan bakunya ada/berasal disekitar desa Badang Daya.

Kegiatan itu sangat mendapat apresiasi dari para anggota HIPAM yang hadir , diharapkan apa yang telah dilakukan oleh INAKER bersama PERTAMINA PHE-WMO dalam pemberdayaan masyarakat tersebut sebagai modal kemandirian tani desa Badang Daya.

Kegiatan itu tidak hanya berakhir dalam pembuatan embung dan pelatihan pupuk, namum 2 minggu kedepan setelah ketersedian curah air hujan dalam embung dan tingkat kelembaban tanah dirasa cukup, maka akan dilakukan pengolahan tanah dan penanaman pajale/padi, jagung, kedelai sebagai wujud perjuangan bentuk kerja nyata INAKER sebagai mitra Pemerintah serta Petani khususnya agar supaya memperoleh hasil yang berkelanjutan bagi masyarakat, memulai dari hal yang kecil dalam mewujudkan kembali ke impian menjadi bangsa mandiri di sektor pangan baik dari sektor pertanian dan kelautan .(galih).