Kategori
Nasional

Pembagian KIP Oleh Presiden Jokowi Di SMK MUTU Kabupaten Malang

 

Busur News Com-  Malang Raya- Sejumlah 1.539 Kartu Indonesia Pintar (KIP) diserahkan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo kepada siswa SD,SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Malang yang dipusatkan di SMK Muhammadiyah 7 (Mutu) Kecamatan Gondanglegi , Kabupaten Malang, Sabtu (3/6) siang.

KIP yang dibagikan tersebut dengan rincian , untuk siswa SD sebanyak 346 kartu, SMP 333 kartu, dan SMA 191 kartu, sedangkan siswa SMK sebanyak 481 kartu. Selain itu, siswa dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) penerima paket A juga menerima sebanyak 11 orang, paket B 66 orang, dan paket C 111 orang.

Penyerahan KIP kali ini dilakukan secara simbolis kepada 10 orang perwakilan siswa-siswi dari berbagai lembaga. Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, Kepala Staf Kepresidenan, Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, serta Bupati Malang Dr.H.Rendra Kresna dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dana yang diberikan tersebut kiranya dapat di gunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa penerima agar bisa membantu kelangsungan di bidang pendidikan.

“Untuk yang SD dari kartu itu bisa diambil Rp 450 ribu, sedangkan SMP Rp 750 ribu dan SMA/SMK Rp 1 juta,” kata Jokowi kepada para siswa yang hadir.
Mantan Wali Kota Solo itu berpesan,baik kepada orang tua siswa maupun siswa penerima bantuan agar dana KIP jangan di pergunakan yang bukan peruntukannya.
“Dana ini hanya bisa dipakai untuk membeli peralatan sekolah seperti, sepatu boleh, beli seragam boleh, beli buku boleh, beli tas boleh, sedangkan buat beli pulsa tidak boleh,” ujar Presiden Jokowi, seraya mengajak  para siswa untuk berjanji , agar tidak menggunakan dana KIP yang telah diterima untuk kepentingan di luar pendidikan, terutama untuk membeli pulsa.

Jokowi juga tak lupa berpesan kepada para siswa untuk terus belajar dengan rajin. Sebab kata dia, persaingan di dunia kerja sangat ketat, baik antar sesama bangsa maupun Negara lain.Seperti biasa, di akhir acara kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi selalu membagikan sepeda kepada para siswa yang bisa menjawab beberapa pertanyaannya.

Pada kunjungannya kali ini,Jokowi memberi pertanyan seputar Pancasila, nama pulau, kabupaten/kota dan suku di Indonesia, sementara yang dapat menjawab langsung mandapat hadiah 1 unit sepeda gunung.( Galih).