Pancasila Menggugat Ekonomi Kerakyatan

 

BusurNews.Com,jakarta – Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini dalam mengamalkan Pancasila melalui penyelenggaraan sistem ekonomi kerakyatan dirasakan sangat berat jika dibandingkan era kolonial. Hal ini dikatakan Dr. Revrisond Baswir, dosen Fakultas Ekonomibdan Bisnis Universitas Gajah Mada, dalam diskusi publik yang diselenggarakan oleh Yayasan Bung Karno, Senin (24/7/2017) di Gedung Pola Jakarta.

“Tindakan yang perlu dilakukan adalah menyusun UU sistem perekonomian secara jelas dan tegas dengan menjabarkan amanat pasal 33 UUD 1945.” ujar Revrisond.

Langkah lain, lanjutnya, adalah dengan mengamandemen semua produk perundang-undangan yang bertentangan dengan UUD. Selanjutnya, menyusun GBHN secara jelas mengacu pada UUD, menata ulang struktur organisasi pemerintahan untuk memfasilitasi pengamalan pasal 33 UUD 1945 dan menyosialisasikannya secara nasional.

“Satu hal yang perlu disadari, perjuangan mengamalkan Pancasila dalam bidang ekonomi bukanlah perjuangan yang bersifat sporadis, namun perjuangan jangka panjang yang harus dilakukan secara terstruktur.” pungkasnya.(dms)