Pameran Indhex Halal Award Di JExpo Kemayoran

Oleh : Riena Firman

Busur News com ,Jakarta- Pameran INDHEX halal Award telah selesai .pameran ini diadakan di   JExpo Kemayoran sejak tanggal 20 sampai dengan  23 Oktober 2016.

Macam- macam produk yang telah bersertifikat halal dipamerkan .Baik makanan minuman kosmetik ,obat- obatan .

Ada juga ceramah agama mengenai makanan halal, demo memasak dan lain – lain.

Menurut ibu Dasa Pratiwi dari LPPOM MUI halal ,bahwa diadakannya pameran ini sangat bagus dilakukan,karena bisa sosialisasikan pembuatan sertifikat halal dan produknya .Agar masyarakat tahu produk yang halal untuk dikosumsi.

” Semua yang mengikuti pameran ini sudah bersertifikat halal dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI),” katanya menjelaskan.

Lebih lanjut Dasa Pratiwi mengatakan ,bahwa banyak yang datang ke pameran ini untuk mendaftarkan perusahaannya agar diaudit untuk memiliki sertifikat halal.

Bagi masyarakat yang berminat mendaftarkan sertifikat halal untuk produksinya persyaratannya adalah sebagai berikut:
Datang langsung ke LPPOM MUI DKI Jakarta membeli formulir pendaftaran, lalu mengisi dan melengkapi dokumen dan melaksanakan audit halal dengan biaya yang sudah ditetapkan , lalu mengirim sample produk untuk sidang komisi fatwa,baru terakhir penerbitan sertifikat halal.

Kelengkapan yang harus dibawa yaitu:.  SIUP,PIRT,. TDP,fc KTP ,Daftar produk menu  , daftar bahan.   Matriks bahan vs produk menu.

Alamat LPPOM MUI DKI Jakarta Jl.Tebet Timur dalam raya  no 318 Jakarta Selatan.  telp.085100828869

” Yamg belum memiliki  sertifikat halal MUI segera daftarkan, apabila ingin produksinya meningkat penjualannya. Jangan ditunda urus sertifikat halal .Agar konsumen tidak was- was dengan produk makanan dan minuman yang akan dijual, ” kata Dasa menegaskan.

Dan kalau dibidang kosmetik dan obat- obatan juga harus halal resmi dari MUI .Agar tidak ragu memakainya.

Selain Stamd dari MUI ada juga produk halal dari Morin yaitu selai /jam   sudah berdiri sejak 1978. yang sudah melekat bagi keluarga Indonesia bahwa “Morin jodohnya roti”.sehingga morin dapat digunakan untuk menu utama sarapan pagi yang praktis.

” Morin ada dua kemasan untuk konsumen dan industri.Dengan rasa buah segar yang disajikan dengan serat rasanya enak dan sehat.karena seratnya dapat melancarkan untuk pencermaan.

Dengan berbagai rasa strobery,blueberry nanas kacang,coklat,srikaya dll.
Semua diolah dengan alat yang canggih dan higine.

Morin juga mendapat predikat top brand sejak tahun 2004.
Jam & Spread Indonesia.
Selain sertifikat halal Morin juga bersertifikat FSSC /22000 SGS dalam hal keamanan proses produksi.

Selain perusahaan besar ada juga  Usaha Kecil Micro dan Menengah (UMKM) dari Produksi Frizia cake & bakery yaitu bronis ubi ungu dan donat kentang yang bersertifikat halal.Walaupun usaha rumahan atau home industri produk Frizia sudah dikenal karena menjual bronis ubi ungu dengan toping keju dan coklat.Dan donat kentang berbagai toping dengan rasa keju ,straberry, blueberry,kacang,coklat dll.

” Kalau sudah ada sertifikat halal ,jadi tenang tidak was- was menjual ,dan masalah rasa dasyat…. !enak, lembut ,meleleh dilidah rasanya elegan…..!” ujar Aziz pengusaha Frizia cake & Bakery yang terletak di Kemanggisan Slipi Jakarta Barat.

Demo memasak chef dari Singapura

Selain makanan dan minuman di pameran tersebut ada juga demo masak dari Chef Syed Shah yaitu seorang juru masak King cooking dari negara Singapura.Dia demo masakan .Ada 3 jenis masakan yang diperagakan, bahan dari ayam,ikan tuna dan telur Yang cara penyajikannya dengan sayuran mentah atau salad seperti makanan Hotel berbintang.

Setelah siap disajikan penonton disuruh mencicipi rasa masakannya.

” Rasanya enak chef makanannya,akan saya coba memasaknya di rumah!”kata salah satu penonton sambil memberilan tanda jempolnya.

Dan Syed membagikan buku masakan yang ditanda tangani kepada penonton yang telah mendownloud Face book nya..

“Syed di Singapura membuka catering .dan dia sering demo keberbagai negara ,” kata Amin asistennya.

Seusai acara tepuk riuh penonton menyaksikan demo masak Syed dan mereka meminta selfi dengan King cooking dari Singapura yang menjuarai lomba masak di salah satu stasiun Televisi Singapura tahun 2014.