Kategori
hukum

Pakar Pidana Dukung Jaksa Agung ‘Bersih-bersih’ Pihak yang Catut Kejaksaan

Busurnews.com, Jakarta – Pakar Hukum Pidana Universitas Al-Azhar Indonesia, Suparji Ahmad menilai bahwa Jaksa Agung ST Burhanuddin harus membersihkan Kejaksaan dari pihak tak bertanggungjawab yang memanfaatkan institusinya.

“Saya mendukung Jaksa Agung bersih-bersih pihak yang mengaku dekat dengan kejaksaan atau menjual nama kejaksaan dalam mendapatkan pekerjaan atau proyek. Karena pihak tersebut mengambil keuntungan dengan menyalahgunakan nama pejabat pada institusi kejaksaan,” kata Suparji dalam rilisnya, Kamis (20/08/2020).

Ia menegaskan bahwa adanya pihak tersebut menyebabkan proses hukum tidak independen dan tidak profesional. Bahkan dapat menyebabkan penyalahgunaan wewenang karena adanya pengaruh nama-nama tertentu.

“Jadi ini menimbulkan efek domino. Dapat menurunkan kredibilitas institusi dan pejabat, merusak sistem hukum dan melanggengkan praktek yang tidak benar,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Suparji menekankan bahwa Kejaksaan harus serius menangani masalah seperti ini. Sebab, hal ini mempengaruhi kredibilitas institusinya.

Ia mengusulkan supaya Kejaksaan juga meningkatkan pengawasan terhadap jaksa yang bermain mata terhadap orang tertentu demi mengambil keuntungan pribadi.

“Tingkatkan pengawasan beri sanksi yang berat jika terbukti ada pelanggaran. Bongkar pihak-pihak yang terkait,” pungkasnya.

Selain itu, Komisi Kejaksaan harus lebih progresif dan profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sehingga dapat berkontribusi nyata dalam memperbaiki kinerja kejaksaan.(***)