Kategori
All

Pabrik Beras Digrebek Satgas Karena Mengandung Bahan Kimia

 

Busur News Com,Malang Raya – Warga Malang Raya dan masyarakat lainnya hendaknya berhati hati dalam membeli beras untuk kebutuhan pokok pangan sehari hari. Pasalnya ditengarai telah merebak jenis beras kemasan yang diduga mengandung unsur bahan kimia.Beruntung ada warga yang jeli dan segera menginformasikan pada aparat.

UD Widodo ,produsen beras yg beralamat di Jln. Sultan Agung Ds Pringu Kec. Bululawang, Kabupaten Malang ,digrebek Tim Satgas Pangan Polres Malang.Penggrebekan dilakukan hari Senin siang kemaren (05/06) betdasarkan informasi dan laporan warga.

Dalam pengerebekan itu, Tim Satgas menemukan sejumlah jerigen berisi bahan kimia yang berada didalam gudang produksi seluas 70 meter x 30 meter. Jerigen2 tersebut berisi Pestisida, Tawas dan Insektisida.

Bahan kimia tersebut dicurigai untuk pemutih beras limbah yg tak layak di Konsumsi.
Saat dilakukan pengerebekan ,proses pengolahan beras limbah yg dicampur bahan kimia sedang berlangsung dilokasi .

Akhirnya produsen dan pemilik Beras UD Widodo bernama Winarso itu langsung diamankan dengan dijerat UU Pangan Nmr 18 Tahun 2012 Pasal 133 hingga Pasal 139 dengan Hukuman penjara paling lama 7 tahun hingga denda Rp 100 miliar.

Pihak Tim Satgas Pangan langsung Menyegel 140 Ton Beras Siap Edar milik UD Widodo.
Menurut Keterangan Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung yang memimpin Tim Satgas Pangan , “ Dari keterangan Winarso pemilik pabrik, ternyata beras limbah berasal dari jombang ,yang kemudian diproses secara Kimia serta dikemas menjadi beberapa merk antara lain merk Jagung Emas dan Tomat, ” ujar Kapolres.

Dalam sehari UD widodo bisa memproduksi beras Kimia sebanyak 28 sampai 30 Ton , dan dipasarkan daerah Malang Raya , Surabaya , Pangkalan Bun Kalteng dan Banjarmasin Kalimatan Selatan.

Tim Satgas membawa sempel baik beras yang sudah jadi dan Bahan Kimia untuk diuji dilabfor. (Galih).