MENUJU DUNIA TANPA KERTAS

 

 

Oleh : Wahyu Eko Setiawan (WES)

BusurNews .Com,MALANG RAYA –┬áSekitar pertengahan bulan Maret 1996, Bill Gates (Founder Microsoft) berpidato di salah satu universitas ternama di USA, menyatakan bahwa “Dunia Masa Depan adalah Dunia Tanpa Kertas”. Dia menyatakan itu sebagai ramalan dampak luar biasa akibat kemajuan teknologi informasi (Online). Dunia digital milenium.

Saat ini, ramalan Bill Gates tersebut sudah mendekati terwujud. Buktinya adalah tumbuh suburnya Portal Berita Media Online yang semakin bertaburan bak cendawan di musim hujan. Hal ini memakan korban gulung tikarnya banyak Media Cetak (koran, majalah, tabloid, dan lainnya) yang menjadi almarhum. Bahkan terkubur dalam kebangkrutan. Portal Berita Media Online, berhasil telak melindas Media Cetak yang menggunakan kertas. Sekarang ini, Lini Media Massa sudah mulai beralih menuju “Dunia Tanpa Kertas”.

Revolusi “Dunia Tanpa Kertas” ini, terus berimbas dan menjangkau pada berbagai bidang kehidupan manusia. Media Sosial Online, Bisnis Berbasis Aplikasi, Operating System, Start Up, dan masih banyak bidang lainnya, yang semakin memperkuat terwujudnya Revolusi “Dunia Tanpa Kertas”. Ini adalah sebuah Keniscayaan. Inovasi dan Lompatan Quantum, dalam bidang teknologi, semakin menjadi lokomotif utama menggerakkan Revolusi “Dunia Tanpa Kertas” dalam berbagai bidang dan segi kehidupan manusia, di seluruh dunia ini.

Sebagi contoh sederhana, di Kota Malang ini terdapat lebih dari 25 Portal Berita Media Online yang terus aktif bertumbuh. Bahkan, sudah ada beberapa yang naik kelas menjadi sebuah korporasi lokal dalam Bidang Media Massa. Tumbuh suburnya Portal Berita Media Online di Kota Malang ini, akibatnya semakin menggerus oplah dan daya hidup dari Media Cetak (koran, tabloid, majalah dan lainnya) yang ada di Kota Malang. Bahkan sudah banyak Media Cetak di Kota Malang yang dipaksa menjadi almarhum. Hilang dari peredaran. Revolusi “Dunia Tanpa Kertas” juga bisa semakin dilihat keterwujudannya.

Saya mempunyai keyakinan, bahwa seluruh Portal Berita Media Online yang ada di Kota Malang ini, kelak pasti mampu mengambil peran terdepan menjadi lokomotif pembangunan dalam berbagai bidang di Kota Malang. Mereka semuanya punya potensi yang sangat kuat untuk mewujudkan hal tersebut. Kompetisi dan sinergitas dari seluruh Portal Berita Media Online di Kota Malang, jika bisa dibangun secara sehat dan sustainable, pasti bisa menjadi sumber kekuatan untuk membangun Kesejahteraan seluruh warga Kota Malang. Membangun jiwanya, karakternya, mentalnya, budayanya, infrastrukturnya, pendidikan masyarakatnya, dan membangun pada bidang-bidang berkehidupan “Sejahtera Bersama” di Kota Malang. Pasti bisa. Yakin Usaha Sampai.

Sebagai kesimpulan akhir: Kedepan, kita semuanya harus bergegas dan bersiap menghadapi Revolusi “Dunia Tanpa Kertas”. Kita semuanya harus terus mengasah keterampilan diri dan meningkatkan kualitas diri, agar mampu menghasilkan inovasi dan terobosan lompatan quantum, untuk Membangun Masa Depan Kota Malang Lebih GEMILANG.

Menghadang atau membendung kemajuan Teknologi Informasi (Online), hanya akan membuat langkah mundur, semakin tertinggal dilindas “Kehendak Jaman”. Karena hidup itu kedepan, bukan kebelakang.

Kedepan, Kota Malang harus bisa menghasilkan berbagai Inovasi dan Lompatan Quantum berbasis teknologi informasi (Online). Untuk memperkuat kuat daya dukung pembangunan dalam berbagai bidang di Kota Malang. Jika tidak mampu, maka Kota Malang kedepannya pasti akan stagnan, tertinggal dan tergerus kehendak jaman.(Lih).

INOVASI ATAU MATI!

Salam Satu Jiwa.

KOTA MALANG GEMILANG.

#W4N1
#WESforN1
#WahyuEkoSetiawanForN1
#PerjuanganW4N1