Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Busurnews, Jakarta – Sebelum membahas mengenai makanan penyebab kolesterol tinggi, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu kolesterol.
Kolesterol adalah sejenis lemak darah yang dihasilkan oleh tubuh secara alami. Dalam batas wajar kolesterol memiliki fungsi yang cukup penting dalam tubuh yakni dapat membantu proses pencernaan dan membantu mengubah bentuk vitamin D menjadi bentuk aktif.
Kolesterol memiliki tiga jenis, secara umum yang dikenal banyak masyarakat biasa disebut kolesterol baik dan kolesterol jahat. Secara ilmiah memiliki tiga nama sebagai berikut:

LDL (Low  Density Lipoprotein)

Disebut juga sebagai kolesterol jahat karena dapat menyebabkan plak-plak yang berpotensi dapat menyumbat pembuluh darah dalam arteri.

HDL (High Density Lipoprotein)

Disebut sebagai kolesterol baik karena dapat menyingkirkan kolesterol jahat dalam pembuluh darah.

Trigliserida

Adalah sejenis lemak yang berada di dalam tubuh yang terbentuk karena terdapat sisa energi yang tidak terpakai dari makanan yang telah dikonsumsi.

Daftar Makanan yang menyebabkan Kolesterol

Berbagai macam penyebab terjadinya penyakit kolesterol dan sangat berbahaya bagi kesehatan Jantung, diantaranya adalah sebagai berikut:

Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat sangat berpotensi menyebabkan penyakit kolesterol seperti mengkonsumsi Alkohol, Obesitas, Kurang Olahraga atau Aktivitas Fisik, Merokok, Stres dan terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan.

Makan makanan tidak sehat

Dibawah ini adalah daftar makanan yang sangat berpotensi menyebabkan Kolesterol
  • Makanan cepat saji
Makanan cepat saji merupakan makanan yang tinggi lemak, sehingga sebisa mungkin untuk menghindari makanan tersebut untuk dikonsumsi setiap hari.
  • Hati sapi
Hati sapi merupakan makanan yang kurang sehat bagi orang yang sudah berumur, sebaiknya hindari olahan yang terbuat dari olahan hati sapi karena bisa sangat berbahaya untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung.
  • Daging ayam yang berlemak
Daging ayam merupakan makanan yang paling sering kita jumpai, namun sebaiknya sebelum memakan daging ayam perhatikan cara memasak dan jenis olahannya. Seperti jenis masakan yang terbuat dari olahan daging ayam yakni seperti Opor Ayam, Gulai Ayam, Sate dan lain-lain.
  • Udang
Udang ternyata juga makanan yang kurang baik jika dikonsumsi oleh orang yang berumur di atas 30 tahun, udang memiliki kandungan lemak LDL yang kurang baik untuk kesehatan jantung.
  • Es Krim
Es Krim merupakan makanan yang sangat menggugah selera, namun sebisa mungkin jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi eskrim dikarenakan kandungan gula dan kolesterol yang tinggi.
  • Telur
Telur jika dikonsumsi dalam jumlah banyak juga tidak baik untuk kesehatan jantung, oleh sebab itu kurangi konsumsi telur demi kesehatan jantung.
  • Krim kocok
Krim kocok ternyata juga tidak bagus jika di konsumsi terus menerus, sebaiknya kurangi konsumsi Krim kocok agar terhindar dari serangan jantung yang di akibatkan oleh kelebihan kolesterol.
  • Daging Olahan
Daging olahan sangat nikmat jika disantap dan di bakar seperti penyajian pada restoran barbeque, kurangi konsumsi daging agar jantung tetap sehat.
  • Mentega
Mentega merupakan makanan yang terbuat dari minyak kelapa sehingga tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah besar, gunakan mentega secukupnya.
  • Gorengan
Ternyata gorengan yang hampir setiap hari kita konsumsi juga tidak baik untuk kesehatan jantung, dikarenakan minyak yang digunakan dalam proses penggorengan merupakan minyak jahat yang terus menerus berulang penggunaanya.
  • Jeroan atau kulit ayam
Jeroan dan kulit ayam sangat gurih jika di santap, namun tahukah kamu jika ternyata makanan yang hampir disukai semua kalangan tersebut juga kurang bagus jika di konsumsi terus menerus karena dapat menyebabkan kolesterol, yang terparah dapat menyebabkan serangan jantung.
  • Daging bebek
Daging bebek juga sangat nikmat disantap dengan sambal dan nasi panas, dicampur dengan berbagai lalapan. Namun sama seperti daging ayam sebaiknya perhatikan cara pengolahannya, sebisa mungkin kurangi konsumsi daging bebek jika di olah dengan banyak minyak dan bumbu.
  • Keju dan susu
Keju dan susu sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang tumbuh kembang, namun bagi Anda sebagai orang tua sebaiknya konsumsi keju dan susu yang rendah lemak. Susu yang biasa dikonsumsi memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat mengganggu kesehatan jantung anda.
Cukup sekian sedikit informasi yang dapat kami berikan mengenai makanan yang menyebabkan kolesterol.
Semoga artikel daftar makanan yang kurang bagus jika di konsumsi secara berlebihan di atas dapat memberikan pengetahuan kita seputar pentingnya menjaga makanan dan tetap menjaga gaya hidup yang sehat. (Enkosa)