Kategori
All

LEMBAGA GENERASI PENERUS BANGSA (LGPB) ADAKAN DISKUSI KEBANGSAAN NASIONAL, AKU BANGGA MENJADI ANAK TNI !

 

BusurNews.Com,Jakarta,12 Oktober 2017. Lembaga Generasi Penerus Bangsa (LGPB) lembaga ini fokus pada Kajian Strategis Pendidikan dan Transformasi Nilai – Nilai Kebangsaan Indonesia. Diskusi Kebangsaan Nasional ini membawakan Jargon ” Aku Bangga Jadi Anak TNI” bertempat di Auditorium Gedung Cawang Kencana, Jakarta Timur. (12/10/17).

Tema yang diangkat pun sangat menarik, mengenai problema kebangsaan saat ini perihal Memantapkan nilai nilai kebangsaan generasi penerus bangsa yang militan, solid, kuat, tangguh, cerdas dalam berkomitmen bela negara guna menghadapi proxy war sebagai kekuatan NKRI bersatu dan berdaulat.

Menurut Laksda (Purn) Dicky Yunianto, Geopolitik berasal dari “geo”, atau bumi dan politik yang berarti kekuatan yang didasarkan pada pertimbangan – pertimbangan dasar dalam menentukan alternatif kebijaksanaan nasional untuk menunjukkan tujuan nasional. Hittler pernah berkata ” kita harus menguasai negara dunia, karena negara lemah tidak berhak Menguasainya”, ini menjadi inspirasi Bpk bangsa RI Ir. Soekarno. berbicara geopolitik juga berbicara wawasana nasional berarti berbicara Nusantara.

Wawasan Nusantara ini lahir dari Sejarah Panjang, Indonesia adalah negara besar serta penuh dengan lika – liku sejarah yang panjang. Diantara batu bangunnya sejarah kebangsaan adalah sebagai berikut, Negara Kepulauan Deklarasi Juanda (1957), Negara Kebangsan ( 1 Juni 1945), Tanah Air/Geopolitik (17 Agustus 1945), Persatuan dan Kesatuan, Sumpah Pemuda (1928), Bhinneka Tunggal Ika (1945). Maka sepatutnya kita mewaspadai gangguan yang mengancam NKRI dari dalam mapun dari luar, contohnya adalah Proxy war.

Proxy war sekarang tidak lagi melalui kekuatan militer, tetapi perang melalui berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Baik melalui politik, melalui ekonomi, sosial budaya, termasuk hukum. proxy war merupakan sebuah konfrontasi antar dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan mengurangi risiko konflik langsung yang berisiko pada kehancuran fatal. tuturnya.

Inti dari wawasan nusantara ada dua. Pertama kesatuan dan persatuan bangsa. Kedua adalah persatuan wilayah dari Aceh sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote. Wujud dari wawasan nusantara dimana memajukan politik, ekonomi, Sosial Budaya, Hankam (Pertahanan). Karakter Building, Pembentukan awal Negara didirikan oleh 9 tokoh di Pimpin Ir. Sukarno. dengan nama awal NRI (Negara Republik Indonesia), Bukan NKRI, itu saat masuk reformasi nama itu dicetuskan. Awal dari nama Indonesia tahun 1945 saat kemerdekaan. Popong, tuturnya.

Pembicara Diskusi Kebangsaan Nasional Aku Bangga Jadi Anak TNI, dihadiri oleh Pejabat (Purn) TNI, Laksda (Purn) Dicky Yunianto terakhir menjabat di (Lemhanas RI) 2015, Dra H. Popong (DPR RI), Pembela Tanah Air (PETA), beserta tokoh Nasional dari kalangan Militer di Ibukota. (Bambang S)