Kategori
Koperasi & UKM

Koperasi Ismea Sukses Makmur Disambut Kehadirannya ……!

 

 

Busur News Com,Jakarta- Pada hari Sabtu 4 Februari 2017 telah berlangsung Rapat Anggota Tahunan ke 2 Koperasi ISMEA di River Valley Batu Tulis Bogor dengan agenda utama evaluasi kegiatan dan pekerjaan pengurus koperasi sepanjang tahun 2015 hingga 2016. Evaluasi menghasilkan keputusan bahwa untuk menggerakkan kegiatan koperasi lebih baik, maka dilakukan reshuffle kepengurusan. Hasil evaluasi menyimpulkan bahwa koperasi masih bergantung pada keberadaan asosiasi dan pelaksanaan kegiatannya di antara kedua lembaga ini masih bertumpang tindih, sehingga jalannya tersendat sendat. Dalam rapat tsb. anggota mufakat mengganti nama koperasi menjadi Koperasi Ismea Sukses Makmur disingkat Kopissma.

Adapun ketua umum Koperasi tetap bpk Samsudin Dayan SH, M.Si. kemudian sebagai sekretaris umum ibu Lia Khullaiyah dan bendahara umum Nurjannah Achmad.

Rapat Koperasi juga menetapkan program kerja pendek dan jangka panjang sekaligus membagi tugas dan kewajiban dengan asosiasi. Selanjutnya ditetapkan Koperasi ISM mengurusi bisnis para anggota ISMEA.

Pengelolaan gerai gerai ISMEA dan pameran pameran serta toko on line akan dikelola oleh koperasi. Diharapkan ke depan koperasi juga bisa menjadi andalan anggota dalam pembiayaan produksi.

Bagus Rahman direktur pemasaran SMESCO selaku pembina memberikan saran yaitu penting diihat bahwa koperasi adalah institusi milik bersama yg setiap pemilik memiliki modal yg dititipkan untuk dikembangkan dan didayagunakan untuk kepentingan bersama. Istilah pemilik koperasi lebih tepat daripada anggota koperasi (mengutip ucapan ketua Askes)

Fungsi koperasi tidak saja bisnis tetapi ia juga menyandang peran sosial dan kesejahteraan masyarakat.

Ketua umum ISMEA Endang Rudiatin mengatakan, dengan
i menjadikan koperasi sebagai alat dan sarana bisnis para anggota ISMEA, koperasi adalah perusahaan semua anggota ISMEA. Jatuh bangunnya perusahaan menjadi tanggung jawab semua anggota. Sedangkan besar kecilnya keuntungan dinikmati setiap anggota. Rasa memiliki koperasi sebagai perusahaan para anggota perlu terus dibangun di antara anggota.

Karakteristik usaha kecil menengah (UKM) yg selama ini selalu memiliki power kecil sehingga mudah dieksploitir, fondasi bisnis yang rapuh, kekuatan pasar yang lemah, bisa lebih kuat bargainingnya terhadap pasar dan pembiayaan dengan penggabunggan aset anggota dalam koperasi. Sedangkan nilai sosial yg ada di dalam koperasi, menjadi modal utama bagi koperasi melakukan mobilisasi kekuatan mengendalikan pasar. UKM adalah pemilik produk yang dibutuhkan konsumen. Ia pun berhak mengatur pasar. Produsen dan konsumen memiliki posisi yang sama untuk bernegosiasi. Itulah koperasi!

Semoga kehadiran koperasi Ismea Sukses Makmur bisa memberikan harapan bagi UKM mengatasi permasalah permasalahannya selama ini.(Riena).