Kopasus Mengadakan Lomba Sport Climbing Conpetition 2017

 

Busur News Com,Jakarta- Komandan Jenderal Kopassus mengatakan, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bekerjasama dengan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menyelenggarakan Sport Climbing Competition 2017 menyambut HUT Kopassus ke-65 Tahun, kata Brigjen TNI Madsuni.

Acara perlombaan panjat tebing, ungkap Madsuni, meningkatkan prestasi, keterampilan, serta keahlian dalam membangkitkan semangat para atlet Indonesia dalam meraih prestasi kebanggaan anak bangsa, ungkapnya.

Sementara itu, Letkol Donny Pramono selaku Ketua Panitia Panjat Tebing menjelaskan, manfaat panjat tebing bagi para prajurit untuk melatih kecepatan para prajurit dalam menghadapi rintangan-rintangan yang sulit yang ditempuh prajurit di Medan lapangan dalam bertugas, jelasnya pada saat doorstop acara Danjen Kopassus Sport Climbing Competition 2017 di gedung Nanggala Markas Besar Komando Pasukan Khusus (Mabes Kopassus) Jakarta, Selasa (21/03).

Panjat tebing, kata Donny, bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi sesama para atlet panjat tebing, dan mengasah kembali kemampuan panjat tebing. Acara ini dibuka untuk umum dan disediakan total 65 juta, ungkapnya.

“Ini dalam rangka HUT ke-65 Komando Pasukan Khusus, jadi salah satunya adalah lomba panjat tebing yang ada sekarang ini memanggil teman-temannya dari fpti untuk membuka kembali prajurit juga Kopassus untuk bisa berprestasi di event panjat tebing ini seperti terakhir tahun 2009 sekarang sudah 2017 sudah hampir 9 Tahun Lamanya ditinggalkan kemudian tujuannya lomba ini disamping untuk mencari hadiah yang jelas tapi juga untuk mencari prestasi atau bibit atlet Internasional, ujar Donny.

Manfaatnya, kata Letkol Donny Pramono, banyak ini banyak sekali jadi prajurit mengikuti lomba panjat tebing ini untuk melatih kecepatan, karena Kopassus semua keterampilan dan kemampuan Kopassus membutuhkan kecepatan, seperti menembak reaksi terus kemudian panjat tebing ini juga mendukung latihan Kopassus.

“Dimana kita menghadapi medan-medan yang sulit, untuk menuju ke sasaran itu menggunakan materi panjat tebing seperti ini tingkat Nasional dalam arti ini Open jadi dari TNI-Polri dan masyarakat sipil semuanya bisa ikut. Sekarang kurang lebihnya sampai 252 jadi Sudah melebihi kuota dari 250 Tapi ini masih ada yang booking, dalam arti mereka tetap akan ada yang mendaftar untuk mengikuti lomba ini jadi kiper kita perkirakan sampai 300 beserta yang menang akan diikutsertakan dalam Sea Games dan Asian Games 2018,” tutur Letkol Donny Pramono. (Dd)