KETUA UMUM PEREMPUAN TANI-HKTI: PEREMPUAN KUNCI DALAM KETAHANAN PANGAN

 

BusurNews.Com,Jakarta- Program swasembada pangan yang digemar-gemborkan oleh pemerintahan saat ini, Patut disambut dengan baik. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Perempuan Tani HKTI, Dian Novita Susanto dalam memperingati Hari Tani Nasional yang jatuh setiap tanggal 24 September.

Dengan program swasebada pangan ini akan terbuka akses pada sektor pertanian. Swasembada diharapkan bisa menjawab tantangan kondisi perempuan yang saat ini nyaris kehilangan akses ekonomi dalam proses produksi pertanian pasca adanya pergesaran pola pertanian dari tradisonal kearah modern yakni, kembali tersedianya lahan-lahan pertanian yang dapat digarap.

Dalam moment Hari Tani tahun ini Dian mengingatkan Perempuan adalah pihak yang ikut berjasa pada proses budidaya pertanian tradisional. Kondisi ini ditandai dengan peran aktif perempuan dalam mengembangkan budidaya pertanian melalui keterampilannya. Disamping peran utama Perempuan dalam pengambilan keputusan rumahtangga.

Dian juga mengatakan, Perempuan merupakan kunci dalam ketahanan pangan dalam sebuah keluarga  dimulai dari perencanaan, mengolah pangan  hingga menentukan besar kecilnya anggaran. Ditangan perempuanlah terpenuhinya kebutuhan gizi sebuah keluarga,u untuk itu  setiap perempuan harus  mengetahui pangan yang memenuhi standar kelayakan sebuah keluarga.(Rf,Rn).