Kategori
koperaso dan UMKM

Kemenkop UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan Pariwisata dan Home Dekor di Brebes

BREBES – Ditengah pendemi Covid-19 pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menggelar pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kemenkop UKM melalui Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) memberikan pelatihan kewirausahaan bidang pariwisata dan home décor. Kegiatan ini diikuti 60 orang peserta yang berasal dari wilayah Kabupaten Brebes, yang berlangsung pada 25-27  Juli  2020.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop UKM, Arif Rahman Hakim mengatakan pelatihan kewirausahaan yang diberikan ini dalam menghadapi tantangan kedepan. Sehingga para peserta mampu menjadi seorang wirausahawan (entrepreneur) yang terdidik dan terlatih serta mampu memanfaatkan peluang bisnis dimasa pendemi dan new normal seperti saat ini.

Menurut Arif, tujuan pelatihan ini adalah untuk menyiapkan UKM agar selalu eksis dan mampu beradaptasi pada masa pandemi dan new normal khususnya dibidang pariwisata dan home decor serta mewujudkan UMKM naik kelas.

Karenanya untuk meningkatkan kualitas SDM kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diperlukan sinergi dengan beberapa stakeholder lain seperti expert smesco, PLUT dan Balatkop provinsi Jateng.

Arif berharap melalui pelatihan seperti ini, peserta dapat menangkap peluang yang diberikan oleh pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa dan aktif dalam melakukan networking.

“Nanti setelah pariwisata dibuka pada masa new normal, maka UMKM brebes harus siap menghadapi persaingan, untuk itu, didaerah Brebes perlu kita bentuk koperasi yang bergerak dibilang pariwisata” kata Arief yang didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Dra Ema Rachmawati M Hum.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Dra Ema Rz)Rachmawati M Hummemberikan motivasi kepada peserta agar terus eksis dalam masa pandemi ini, dan menekankan perlunya sebuah branding bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.(Rz).