Kemenkop dan UKM Ajak KUMKM Indonesia Produksi Masker Kain

 

Busurnews.com, JAKARTA – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) mengajak para pelaku Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Indonesia yang bergerak di bidang fesyen dan konveksi untuk membantu program pemerintah dalam gerakan masker kain dengan memproduksi lebih banyak masker berbahan baku kain.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Teten Masduki di Jakarta, Rabu (8/4), mengatakan Kemenkop dan UKM mendorong pelaku usaha dan Koperasi untuk memproduksi masker kain.
“Kami melihat peluang kapabilitas koperasi dan UMKM untuk memproduksi APD atau alat pelindung diri termasuk masker bagi masyarakat tanpa nengganggu ketersediaan APD bagi tenaga medis,” kata Teten.
Menurut Teten pihaknya terus menyosialisasikan penggunaan masker kain bagi masyarakat. “Dalam kondisi ini, yang paling utama adalah memastikan kesehatan masyarakat umum agar penyebaran virusnya bisa dicegah. UMKM bisa hadir dalam penyediaan masker kain tersebut, sekaligus membantu perekonomian para pelaku usaha,” ujarnya.
Terlebih saat ini Pemerintah dan WHO telah merekomendasikan penggunaan masker untuk siapapun yang berkegiatan di luar rumah dan berinteraksi dengan orang lain.
Untuk itu Kemenkop UKM mulai mengumpulkan cukup banyak data terkait konveksi dan para UMKM yang memproduksi masker kain. “ upaya ini sesuai gerakan yang saat ini sedang digalakkan oleh Kemenkop dan UKM, yaitu #MaskerKainUntukSemua,” imbuhnya.
Gerakan #MaskerKainUntukSemua berupa ajakan yang disuarakan Akun resmi @kemenkopukm kepada warganet untuk ikut menyosialisasikan gerakan ini dengan memposting foto selfie mereka menggunakan masker.

Teten berharap dengan adanya gerakan ini tingkat kepedulian masyarakat terhadap urgensi penggunaan masker kain jadi meningkat. Dengan gerakan ini diharapkan tingkat penyebaran COVID-19 bisa ditekan, Sementara disisi lain koperasi dan UKM menjadi terbantu, dan stok masker medis tidak terganggu.
Teten Masduki kemudian menegaskan bahwa untuk mengikuti gerakan ini bisa melalui website www.maskeruntuksemua.com & instagram @kemenkopukm.
“Di sini publik bisa mengakses berbagai informasi tentang masker kain, mulai dari informasi kesehatan, sampai tutorial pembuatan masker kain secara mandiri. Di website ini para pelaku UMKM juga bisa mendaftar untuk ambil bagian dalam gerakan ini,” kata Teten.
Teten menambahkan, saat ini kesadaran untuk menggunakan masker kain sudah semakin tinggi. Karenanya untuk mendukung semakin tinggi pengunaan masker kain, harus didukung pula ketersedian masker kain, yang diharapkan mampu ditutupi oleh peran para pelaku koperasi danUMKM di tanah air.(Rz)