Kejuaraan Motorcross Grand Prix(MXGP)2017 Menpora: Cara Effektif Menggalakkan Sportourism Di Indonesia

Nawacita online,Jakarta

Kejuaraan Dunia Motocross MXGP akan digelar dl Pangkalpinang, Bangka Belitung 4-5 Maret mendatang, 45 harl lelang pelaksanaan event kelas dunla diawal tahun ini,  persiapan yang dllakukan sudah mendekati sempurna. Hal ini telah dilaporkan pihak Panitia Wenggafa Keluaraan Dunla Motocross MXGP kepada Menterl Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dan juga Pengurus Pusat IMl (lkatan Motor Indonesia) dalam jumpa pers yang berlangsung di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.Rabu(18/1).

“Sepanjang tahun 2017, Kementerian Pemuda dan Olahraga akan mendukung penyelenggaraan Event keolahragaan dan juga kepemudaan yang juga mendorong promosl pariwisata lndonesia ke mancanegara,” kata Menpora menanggapl kesiapan penyelenggaraan event ini.

Menurut Menpora, selain menjadl event olahraga otomotlf berskala lnternaslonal, Keluaraan Motocross MXGP menjadisalah satu ajang promosl wisata Pangkalpinang, karena Pangkalpinang memiliki banyak sekali tempat pariwisata, terutama wisata pantai, yang menjadi kebanggaan Indonesia.

“Kejuaraan motocross dunia yang tergabung dalam MXGP adalah kejuaraan resmi yang dlakui oleh FIM (Federation International Motorcycle). Kejuaraan ini adalah kejuaraan Motocross tertinggi di dunia. Atau dengan kata laln, MXGP adalah Moto GP-nya dl kejuaraan dunia motocross, lni adalah peluang sekaligus tantangan bagi kita semua” jelas Imam lagl.

Pengurus Pusat IMI selaku lnstltusl olahraga otomotlf Indonesia sejauh ini telah menyiapkan diri dengan bekerja sama dengan pihak Youthstream selaku promotor event. Plhak penyelenggara yakni Pemerlntah Kota Pangkalpinang berkolaborasl dengan PP IMI dan Kemenpora juga telah menyelesaikan license payment kepada plhak Youthstream selaku pemegang lisensi.

Sejauh ini, koordinasl dan persiapan menyangkut pelaksanaan keluaraan dunla motocross pertama dl Indonesia setelah 20 tahun inl pun berlangsung dengan baik. Termasuk menyangkut koordinasl dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesla (PHRI) Pangkalplnang terkalt keslapan hotel, mobll rental dan Iain-lain untuk menerima tamu mancanegara.

Sementara terkait kejuaraan yang akan berlangsung, Kementerlan Pemuda dan Olahraga juga telah membentuk Tim Merah Putih yang terdiri dari 10 crosser terbalk Indonesia.

Crosser Indonesia akan tergabung dalam Tim Merah Putih terdiri sejumlah daerah seperti, Sulawes Utara, Papua Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur, yaitu:

Andre Sondakh (Sulawesl Utara) , Marlo Salontahe (SulawesiUtara)   ,                Yosua Pattipi (Papua) ,
M Arjun Wicaksono (Jawa Tengah) ,Ivan Harry Nugroho (Jawa Tengah), Asep Lukman (Jawa Tengah),Rizky Haka (Jawa Tengah), Aldi Lazaroni (DIY) dan juga 2 crosser wanita yang akan menjadi Duta Women MXGP of Indonesia,
Sheva Anella Ardiansyah (DIY)
Suci Mulyani (Jawa Timur)

” Sepuluh crosser terbaik ini akan tampil di MXGP Pangkal Pinang melalui jalur wild card. Mereka akan menjadi lokal hero, apalagi selain kejuaraan dunia motocross MXGP juga berlangsung MXGP Women seri pertama. Maka kami akan mensupport para crosser ini dari segi pendanaan, agar bisa tampil maksimal,” jelas Menpora yang berharap para crosser ini akan mengharumkan nama bangsa di event ini. Tim Merah Putih (wild card riders) yang telah disetujui oleh Sadikin Aksa selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) membutuhkan dukungan dari masing-masing pengurus provinsi IMI daerah crosser tersebut berasal agar bisa tampil terbaik di MXGP Pangkalpinang(Lala N,Iksan).