Kapala Basarnas Ambon Kunjungi Aru Tenggelamnya Kapal Km Sangjaya 33

 

Busurnews.com, Kepulauan Aru – Kepala Basarnas Ambon Muslimin mengunjungi Kabupaten Kepulauan Aru dalam rangka pencarian KM Sanjaya 33 yang tenggelam di perairan Pulau Trangan desa Rebi, Kecamatan Aru Selatan Utara, Kabupaten Kepulauan Aru.

Kedatangan Muslimin dengan menumpangi Pesawat Wings Air langsung disambut Forkompinda Aru, bertempat di bandara Rar Gwamar Dobo, Selasa (17/3/2020).

Seusai penjemputan, Kakansar Ambon beserta rombongan menuju kantor Bupati dan disambut langsung Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga dan langsung melaksanakan rapat terbatas guna pembahasan Pencarian ABK KM Sanjaya 33 yang hilang di laut Aru.

Kapala Basarnas Ambon, Muslimin dalam pada rapat terbatas tersebut Menyampaikan bahwa Mengingat Alat utama terbatas dikarnakan alut Basarnas yang kita miliki mengalami trobel mesin sehingga masih dalam perbaikan, maka dari itu yang akan kita gunakan Alut yang tersedia di Kabupaten Kepulauan Aru.

“Untuk melaksanakan pengesaran, harapan kita sinergitas yang kita pupuk demi kelancaran bersama dalam ops ini,” katanya.

Sementara arahan Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga mengatakan bahwa Terkait dengan kejadian ini kita bisa kordinasi dengan kapal yang kita miliki dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kepupauan Aru, Maka dari itu kami selaku pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan operasi pencarian ini.

“Mulai hari ini dari Basarnas dan BPBD Kepulauan aru untuk bisa menggunakan Kapal milik pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan ops dalam rangka pencarian KM.Sanjaya 33,” ujar Gonga.

Pukul 10.55 Wit Kakansar beserta forkopimda Aru selesai melaksanakan rapat terbatas di Kantor Bupati selanjutnya menuju kantor UPP Kelas III Dobo.

Setiba di Kantor UPP Kelas III Dobo diterima langsung oleh Kepala Syahbandar Dobo M. Amali Katjo, SE.,MM dalam rangka untuk pelaksanaan gelar posko pencarian KM. Sanjaya 33 di Kantor Syahbandar.

Pantauan media ini juga di Pelabuhan Yos Soedarso Dobo, Kapala Basarnas bersama Unsur SAR lainnya telah mengerahkan Kapal milik Pemda Aru, KPLP Tual dan juga KRI Arun 903 untuk mencari ABK KM Sanjaya 33 yang hilang.

Berdasarkan data yang di dapat media ini juga bahwa salah satu korban Kapal tenggelam atas nama Supratikno (28) nelayan asal Cilacap Jawa tengah telah di temukan selamat oleh warga Ngaibor dan sementara dilakukan penanganan medis. Sementara informasi yang di dapat juga 13 ABK di kabarkan selamat dan satu orang masih dalam pencarian oleh Tim SAR gabungan.

Sampai berita ini di publikasikan, kepala SAR Ambon dan unsur terkait masih menunggu informasi lanjut dari Tim SAR di lapangan.( Stefen Malihu)