Kategori
Entertainment

Juleha dan Rojali Adaptasi Wiliam Shakespiere Betawi,melestarikan Budaya Bangsa

Fina Goygem Sebagai Juleha

Busur News Com,Jakarta- Juleha dan Rojali adalah suatu cerita Betawi yang dikemas sedemikian rupa sehingga membuat anda sedih ,tertawa karena kocak dan lucu sungguh menghibur.Ceritanya adaptasi dari Williem Shakespiere .Dimana Juleha yang dipaksa babenya untuk dijodohkan sama pilihannya seperti zaman Siti Nurbaya.

Tetapi Juleha menolaknya.Dia selalu bersedih memikirkan perjodohan itu.Nyaknya selalu membela anaknya.Tetapi babe Rojali bersikeras untuk tetap menjodohkan anaknya sama orang kaya,anak Juragan sapi yang bernama Udin..

Para pemain sanggar ruang.

Sehingga teman- temannya selalu peduli dan menghiburnya ,Juleha yang tidak mau makan dibawain buah- buahan.

Ketika babe Rojali
pergi kesempatan buat pacarnya(Rajib)datang ke rumahnya untuk menengok Juleha .Juleha sangat senang sekali ,sampai salah tingkah lalu dia bercengkrama dengan Rajib .Tetapi sedang asyiknya melepas rindu tiba-tiba babe Rojali datang .Juleha dan pacarnya kaget .Dan mereka pun pergi lari berdua dengan ketakutan

Pementasan Juleha dan Rojali

Babe Rojali kesel karena Juleha pergi dibawa kabur .Dia menyuruh tukang pukul bayaran untuk mencari dan memberi pelajaran sama pacarnya Juleha.

Selanjutnya ditaman Juleha sedang bercengkrama dengan pacarnya tiba2 tukang pukul datang dengan dua pengawalnya.Rajib berantem satu lawan tiga.

Tetapi akhirnya pacarnya menang.Dan tukang pukul memohon maaf.

Juleha marah kepada babe Rojali :” Aye ga mau dijodohin be,karena aye udah menemukan calon suami pilihan aye,dia sholeh,baik .ga seperti pilihan babe si Udin walau kaya dia suka mabok2 an dan main perempuan.”katanya setengah marah sama babe Rojali.

Akhirnya babe Rojali sadar.Dia tidak lagi memaksakan kehendaknya untuk menjodohkan Juleha dengan pilihannya.Tetapi setuju dengan Rajib pilihan Juleha, kekasih hatinya.

Pimpinan SR Beryl (kanan) bersama kru trans TV.

Menurut Beryl ,bahwa lenong ini dikemas sedemikian rupa oleh sanggar ruang, asli dari kehidupan anak Betawi dengan cerita yang ceplas ceplos dengan dialog apa adanya. Melihat dan menyaksikan kehidupan di Jakarta. Masih ada orangtua yang menjodohkan anaknya dengan paksa oleh karena materi.Tidak mikir anaknya bahagia atau tidak.

“Sebagai contoh lenong ini disajikan sedikit kritisi para pejabat,orangtua yang hidupnya mewah dengan seenaknya bayar pakai duit .Mentang- mentang banyak uang segala cara dilakukan ,”tutur Beryl.

“Tetapi Juleha tetap tegar dengan keputusannya sama Rajib yang sholeh jujur dan baik,”kilah Beryl pula.

Menurut Fina :”Ada juga jenis ragam macam makanan Betawi yaitu geplak,kue unti ,gemblong,kerak telor dll.yang dijelaskan di dalam lenong ini.”

” Juga kostum adat betawi yang digunakan kebaya encim untuk perempuan dan model sarung dengan peci khas lenong Betawi yang mengingatkan sanggar Lenong zaman H .Bokir almarhum Dan perlu dilestarikan agar kebudayaan Lenong Betawi tidak punah atau hilang”.katanya pula.

“Supaya anak cucu kita kelak tahu ada kebudayaan Lenong dari Betawi.Bukannya hanya melihat film Barat saja,” pendaapat Fina.

“Untuk melestarikan kebudayaan bangsa khususnya kebudayaan dari DKI Jakarta (Betawi) perlu sekali diadakan festival ini,”kata Fina goygem pemeran Juleha.

Astrada Teddy Tim (baju abu2)beri pengarahan

Pertunjukan Lenong Betawi modern ini ceritanya disadur oleh pimpinan Sanggar Ruang Beryl Pranata sekaligus sutradara dan astrada Teddy Tim.

Dengan musik betawi gambang kromong oleh sanggar musik Lestari Budaya arrageer /pimpinan Robby. Dengan menampilkan anak2 remaja.

Dan Didukung 15 pemain Diantaranya Fina Goygem sebagai Juleha.
Jaim sebagai babe Rojali
Lina sebagai Nyak Munaroh
Heru sebagai Rajib (pacar Juleha)
Beryl sebagai tukang pukul Mugeni
Zuky asisten Mugeni.Dan pendukung Lainnya : Tuti,S latah,Zhiy Embulani,Yulia,Melda,Yuliana, Marisa,Agus B dan Beddy.

Musik sanggar Betawi Lestari Budaya

Festival ini diadakan di Balai Latihan Kesenian(BLK) Pondok Kelapa Jl H.Naman No 16 Jak Tim. Dan telah dipentaskan pada tanggal 6 November 2016.

Kepiting menjapit kerang. Kerang berada di lobang batu.Pasang kuping biar terang. Sanggar ruang selalu nomor satu.(Riena)