Kategori
Artikel

Inisiatif perbankan untuk membantu pemasaran UMKM melalui e-commerce merupakan suatu inisiatif yang dapat menopang pemulihan perekonomian.

 

Oleh: Dhedi Razak

Busurnews.com, JAKARTA –Bahwa inisiatif perbankan untuk membantu pemasaran UMKM melalui e-commerce merupakan suatu inisiatif yang dapat menopang pemulihan perekonomian.
Pasalnya, menurut saya UMKM di Indonesia merupakan salah satu penopang perekonomian, terlihat dari nilai UMKM yang berkontribusi pada 57,8% PDB pada tahun 2019.
Sehingga dengan dibangkitkannya kembali sektor ini dapat mempercepat proses pemulihan ekonomi Indonesia.
Bahwa usaha perbankan untuk membantu UMKM ini lebih bersifat kepada perluasan pasar melalui e-commerce, dan diharapkan dengan adanya perluasan pemasaran ini terjadi akselerasi pemulihan UMKM.
Apalagi, pada masa pandemi ini, masyarakat, terutama kelas menengah, perlahan mulai bergeser perilaku berbelanjanya ke arah pembelian secara online, di mana penjualan secara online dapat timbuh hingga lebih dari 20% pada masa pandemi ini.
Dengan demikian, adanya upaya perbankan untuk membantu UMKM melalui e-commerce dapat menjadi salah satu penopang pemulihan pereknomian Indonesia.

@drr