Kategori
Artikel

Indonesia -Turki Meningkatkan Kerjasama Penanggulangan Terorisme khususnya Dalam Penanganan FTF

 

Oleh: Dhedi Rochaedi Razak

Busur News Com,Jakarta – Pemerintah Turki dalam hal ini diwakili Kepolisian Turki melalui pimpinannya
Selami Altinok.

*Dalam pertemuan pemerintah Indonesia dan Turki bersepakat meningkatkan kerjasama penanggulangan terorisme khususnya dalam penanganan Foreign Terrorist Fighters* (FTF).

“Pemerintah Turki juga menyampaikan apresiasi yang mendalam atas upaya BNPT untuk berkontribusi dalam peningkatan kerjasama kedua negara.
Kepolisian Turki juga bersedia untuk memfasilitasi komunikasi terkait keterlibatan Warga Negara Indonesia dalam FTF di Turki,”.

“Kepada pemerintah Turki kami menjelaskan bahwa penanganan terorisme tidak bisa melalui penindakan keras saja.
Perlu dilakukan secara bersama di mana kami juga bekerjasama dengan 32 Kementerian/Lembaga dalam menangani terorisme dari hulu sampai hilir,”.

Setelah bertemu jajaran Kepolisian Turki, delegasi BNPT juga melakukan pertemuan dengan jajaran pihak intelijen Turki.
“Pertemuan dengan intelijen Turki ini untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan terakhir penanganan FTF di Turki,”.

Setelah melakukan pertemuan dengan Kepolisian dan intelijen Turki, pihaknya juga melakukan pertemuan dengan pihak Imigrasi Turki.
“Dan mereka pun juga bersedia membantu dalam penanganan FTF kita,”.
Bahwa selama di Turki pihaknya juga melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia dalam hal ini Persatuan Pelajar Indonesia (PPI). Dengan difasilitasi KJRI Istanbul, pertemuan dalam bentuk Forum Diskusi dengan tema
‘Radikalisme, Terorisme dan Wawasan Kebangsaan’
berlangsung di Sultanahmet, Kawasan Blue Mosque.
*Di pertemuan tersebut kami mengimbau kepada generasi muda Indonesia khususnya mahasiswa dan mahasiswi mewaspadai gejala-gejala radikalisasi, dampak negatif dari media sosial terutama dalam meningkatnya radikalisasi online*.

*Di pertemuan tersebut kami juga berikan contoh-contoh konkret kasus-kasus terakhir dan perkembangan penanganan terorisme di Indonesia*.