HUT Dokkes Polri dan Bhayangkara ke-75, Polda Jateng Gelar Operasi Bibir Sumbing, Donor Darah Dan Swab Antigen Gratis

 

Busurnews.com , SEMARANG- Memperingati hari ulang tahun (HUT) Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polri dan Bhayangkara ke-75 pada Bulan Juni
Tahun 2021, Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) menggelar Bakti Kesehatan Operasi Bibir sumbing dan Celah langit-langit Senin ( 14/06/2021)

Kegiatan Bakti Kesehatan tersebut diselenggarakan oleh Bid Dokkes Polda Jateng selama tiga hari mulai Tanggal 14 hingga 15 Juni secara gratis bagi anak-anak penyandang bibir sumbing atau celah langit-langit.

Untuk pendaftaran dibuka beberapa hari sebelum hari pelaksanaan kegiatan ini dan berlangsung di Poli Lantai 1 RS Bhayangkara Polda Jateng setiap pukul 08.00 wib hingga 15.00 wib selama hari pendaftaran.
Sementara untuk Swab Antigen gratis peserta bisa langsung datang ke lokasi yakni di halaman RS Bhayangkara Polda Jateng sampai dengan hari rabu tanggal 16 juni 2021 jam 07.30 wib- 11.00 wib hanya dengan membawa KTP dan mencantumkan no hand phone.

Wakil Kepala Rumah Sakit Awaloedin Djamin AKBP drg Jaka Kusnanta W., Sp.BM
mengatakan, “Operasi bibir sumbing dan celah langit-langit akan berlangsung di RS Bhayangkara yang dalam pelaksanaanya ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan khususnya penderita bibir sumbing dan celah langit-langit bisa tersenyum kembali, pasien yang mendaftar terdata lebih dari 30 orang dan pagi ini setelah screning hanya 13 orang yg dinyatakan siap dan layak untuk di tindak lanjuti penanganan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit. selain itu Dokkes Polda jateng diwaktu yang sama juga menyelenggarakan giat donor darah dan Swab Antigen gratis.

Khusus untuk oprasi Bibir sumbing dan celah langit-langit ada sejumlah kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta, yaitu berusia minimal 3 bulan dan berat badan minimal 5 Kg untuk operasi bibir sumbing.

Sementara untuk operasi celah langit-langit, peserta harus berusia minimal 1,5 tahun dan berat badan minimal 10 Kg.

Selain itu para calon peserta juga harus dalam kondisi kesehatan yang baik dan membawa fotocopy KTP atau Kartu Keluarga orang tua dan yang tidak kalah penting baik pasien maupun pengantar wajib menjalani swab terlebih dahulu untuk memastikan aman tidak terkena covid -19

“Dalam pelaksanaannya , kami juga tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Ini salah satu bentuk kepedulian Polri dan komitmen Bapak Kapolda Jateng dalam memberikan perhatian kepada masyarakat,” kata Kabid Dokkes.

Sementara itu ditempat yang sama Kasubid Dokpol Biddokes Polda Jateng, AKBP Supramu kepada awak media mengatakan adanya rapid tes antigen masal untuk mendeteksi penyebaran virus corona. Pihaknya tidak menargetkan berapa banyak masyarakat yang dilakukan rapid tes antigen.

“Kami tidak mentargetkan berapa jumlah kuotanya. Kami akan lakukan sebanyak-banyaknya,” ujar Supramu

Lebih lanjut Supramu menambahkan , rapid tes antigen dilaksanakan selama tiga hari dari Senin (14/6/2021) hingga Rabu (16/6/2021). Selain itu, pihaknya juga mengadakan rapid test antigen drive thru di Sat Brimob Polda Jateng.

“Tenaga kesehatan yang dikerahkan sebanyak 70 orang,” ujar Suparamu.

” jika ada yang reaktif, maka pihak rumah sakit akan menghubungi Puskemas setempat sesuai domisili peserta rapid tes antigen agar dapat ditindaklanjuti.

Ia pun berharap, kegiatan Bakti Kesehatan Tahun 2021 ini dapat direspon dengan antusias oleh masyarakat seperti yang telah dilaksanakan di waktu sebelumnya.

(Adi/Vio)