Kategori
News

Hujan Badai Salju Di Bandung Membuat Papan Reklame Roboh

 

Hujan badai salju menyebabkan papan reklame roboh

Busur News Com,Bandung – Hujan badai salju menyebabkan papan reklame roboh Tetapi tak ada korban jiwa.Hujan deras disertai es yang melanda Kota Bandung kemarin menyisakan kejadian langka. Butiran-butiran es yang terkumpul di jalanan menggumpal mirip salju dengan warna putihnya.

Salahsatu daerah yang dilanda hujan es adalah kawasan Haur Pancuh tepatnya di Jalan Sukasari II RT 01/02 Kelurahan Lebak Gede Kecamatan Coblong.pada Rabu (19/4/2017).

Menurut warga setempat hujan es melanda kawasan tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Hujan disertai angin kencang itu baru reda setengah jam kemudian. Saat keluar rumah di gang-gang ditemukan banyak butiran es yang jika dilihat kejauhan menyerupai timbunan salju setinggi 15 centimeter.

Hujan salju mencapai setebal 15 centimeter

“Hujannya ngeri banget besar. Pas keluar rumah Jadi seperti salju. Ini kejadian jarang ya. Saya baru pertama kali melihatnya,” ungkap warga. Namun sore ini butiran es tersebut sudah kembali larut dan mencair.

Hujan Badai menyebabkan Pohon-pohon tumbang.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan, peristiwa hujan angin dan es yang menyebabkan beberapa titik ditemukan adanya pohon dan papan reklame yang tumbang.

Namun dapat dipastikan peristiwa tersebut tidak mengakibatkan adanya korban jiwa,namun ada korban luka dan beberapa kerugian kendaraan tertimpa pohon termasuk mobil Patroli Polsek Bandung Wetan,” pungkas Hendro.

Prakirawan BMKG Kota Bandung Neneng Sugianto menjelaskan hujan es yang terjadi di Kota Bandung disebabkan adanya proses kondensasi yang terlalu dingin. Sehingga air yang menguap berubah bentuk menjadi butiran es.

“Hujan es terjadi akibat kondensasi yang terlalu dingin. Hingga mencapai titik freezing dengan suhu -44 derajat celcius. Jadi pas turun ke bawah berupa butiran es,” ungkap Neneng .

Dia melanjutkan, BMKG Kota Bandung menerima laporan dari masyarakat terkait hujan es yang terjadi di sebagian kecil wilayah Kota Bandung. Hujan es dan angin kencang menerjang Kota Bandung sekitar pukul 14.00 WIB.

“Laporan yang masuk ke BMKG memang ada hujan es di sekitar Lapangan Gasibu, Sabuga, Dago, Jalan Suci, dan Cihampelas,” katanya.

Dia melanjutkan, hujan deras disertai angin kencang tadi siang hampir terjadi secara merata di wilayah Kota Bandung. Hujan dan angin kencang juga menyebabkan puluhan pohon tumbang.

Pihaknya memprediksi hujan disertai angin kencang masih akan terjadi dalam beberapa hari kedepan. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

“Kalau hujan, dua tiga hari kedepan diprediksi hujan ringan hingga sedang dan angin kecang masih akan terjadi,” tutup Neneng .

(Riena).