Kategori
All

Hari Lahir Pancasila Dalam Naluri Budaya Leluhur

 

Busur News.Com.Malang Raya -Dalam memperingati 9 windhu Hari Lahir Pancasila yang digelar di aula kampus Stikes Kendedes, jalan Panjiroso , Kamis (01/06 /2017)yang dihadiri oleh Komunitas lintas seni budaya serta lintas agama Malang Raya lebih menitik beratkan pada prinsip pembelajaran dan pemahaman nilai luhur budaya.

 

Acara yang berlangsung sederhana tersebut dihadiri oleh Kadisbupar Kota Malang. Ida Ayu.MH.MSi. dan jajaran TNI Polri serta para Veteran .

Dalam sambutannya ,Pinisepuh naluri budoyo leluhur , Romo So’ib den
dalam acara itu menyampaikan poin materi pentingnya kembali keperadaban bangsa dengan berpegang teguh pada Pancasila.

n

“Ingat…! bahwa Pancasila tak harus diperingati saat hari lahirnya saja.Namun pola bermasyarakat sehari hari dengan mencerminkan kepribadian Pancasila untuk mewujudkan masyarakat damai sejahtera. ” ujar Romo So’ib den yang mendapat aplous dari undangan yang hadir.

Gelaran acara tersebut juga dimeriahkan dengan kesenian Topeng dari Wonosari Kabupaten Malang, tari Beskalan dari Kedai Seni Malangan,tari Damai Kasih dari Ngadas Bromo yang cukup menghibur dan memukau sekitar 250 hadirin yang meliputi pemerhati seni budaya,tokoh politik,agamawan,budayawan dan purnawirawan.

Acara tersebut dilanjut dengan sarasehan dan dialog yang melibatkan seniman multi talenta Ki Soeroso Pakisaji, Pemangku Sedulur Petruk,Bambang Guntur Wahyudi,Ketus Assosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) Mbak Didin, Budayawan Ki Jathi Kusumo,Ki Sastro akademisi Unmer dan para Ketua Kasepuhan serta padepokan,sanggar sanggar tradisi budaya.(Galih).