Kategori
Pilkada

Hadiri Kegiatan Pra Rekap DPHP PPK Pasimarannu, Harapkan Akurasi Data Pemilih Akuntable

Busurnews.com,  Srlayar Sulsel -Kegiatan pra rekap daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP), digelar jajaran panitia pemilihan Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, pada hari, Kamis, (27/08/20).

Pelaksanaan tahapan pra rekap daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) digelar, di Sekretariat PPK Pasimarannu, di jalan Majapahit, Desa Bonerate.

Ketua panitia pemilihan kecamatan Pasimarannu, Iskandar meegaskan, “tahapan pra rekap yang melibatkan peserta dari unsur panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) se Kecamatan Pasimarannu tersebut, dilaksanakan dalam dua season”

“Tahapan pra rekap season pertama yang berlangsung pada pukul, 09.00, hari, Kamis, (27/08) pagi, menghadirkan, masing-masing panitia pemungutan suara (PPS) dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dari Desa Sambali, Bonea, Batu Bingkung, dan Desa Lambego”.

“Pra rekap season kedua, yang kembali dilanjutkan, pada sekira pukul 13.00 wita, menghadirkan unsur panitia pemungutan suara (PPS) dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) Desa Bonerate, Lamantu, Majapahit, dan Komba-Komba”.

Iskandar menegaskan, “tahapan pra rekap daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) merupakan indikator dan titik awal penentuan keberhasilan serta kesuksesan kerja-kerja cerdas, dan proffesional jajaran panitia pemungutan suara (PPS) dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) sesuai dengan arahan regulasi dan ketentuan peraturan komisi pemilihan umum (PKPU)”.

“Untuk itu, panitia pemilihan kecamatan (PPK) sebagai garda terdepan pada penyelenggaraan tahapan pilkada di level kecamatan, diharapkan untuk tetap memainkan peran-peran strategisnya, dalam mengawal pelaksanaan tahapan penyusunan, dan pemutakhiran data pemilih”.

Ia mengingatkan, “panitia pemilihan kecamatan (PPK) merupakan ujung tombak dan faktor penentu keberhasilan dari seluruh rangkaian tahapan serta penyelenggaraan pilkada bulan Desember 2020”.

Penegasan terkait dengan pelaksanaan pra rekap daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) yang valid, akurat, akuntable, bermutu, berkualitas, dan dapat dipertanggungjawabkan, diutarakan secara gamblang oleh Safaruddin, salah seorang anggota PPK Pasimarannu yang ikut hadir, pada rangkaian acara pra rekap tersebut.

Validasi dan akurasi data yang ditandai dengan lahirnya dokumen coklit dan kelengkapan dokumen administrasi pendukung lain, diharapkan bisa rampung, sebelum pelaksanaan tahapan rekap tingkat desa dan kecamatan yang dijadwalkan akan berlangsung, pada hari, Minggu, (30/08) mendatang, urainya, di hadapan anggota panitia pemungutan suara (PPS), petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) serta tim relawan demokrasi (relasi) se Kecamatan Pasimarannu. (Andi Fadly Dg. Biritta)