Kategori
Polri

*Gubernur Banten Nilai, Listyo Sigit Sosok yang Pas Jadi Kapolri Pilihan Presiden*

 

Busurnews.com, Tangerang – Banten.
Gubernur Banten H. Wahidin Halim menilai sosok Komjen Listyo Sigit adalah sosok yang pas sebagai Kapolri pilihan Presiden. Sebab sejak awal Wahidin menganggap Listyo punya cukup potensi untuk menjadi pimpinan di lembaga Polri dan mampu beradaptasi dengan baik.

“Personality Pak Sigit baik. Walaupun kami beda keyakinan, namun tidak ada masalah. Dia mampu menyesuaikan diri dan mampu menjembatani hubungan komunikasi dan kordinasi antar lembaga. Selama bekerja sama dengan saya sebagai gubernur, sinergi kami cukup lancar. Yang bersangkutan adalah sosok yang kalem dan koorporatif, namun tegas serta cepat beradaptasi,” ujar Wahidin, Sabtu, (16/01/2021).

Mantan Wali Kota Tangerang ini menyatakan Sigit adalah orang yang suka membantu. “Kalau membantu beliau itu luar biasa. Tulus tidak ada pamrih. Namun dia tetap profesional. Jadi jangan persoalkan masalah perbedaan keyakinan,” tegas pria yang akrab disapa WH ini.

Dikatakan, Kabareskrim Polri ini tidak punya pretensi apapun kepada orang lain. Fokusnya adalah tugas dan tugas sebagai anggota kepolisian. “Beliau itu sangat menjunjung Tribrata Kepolisian,” cetusnya.

Wahidin menganggap selama di Banten yang identik dengan nuansa Islami, Listyo juga mampu berinteraksi secara baik dengan tokoh masyarakat, muspida maupun ulama setempat. “Ketika beliau menjabat di Banten, ada pandangan berbeda tentang beliau dari kalangan ulama. Lalu saya ngobrol dengan Buya Muthadi (ulama besar Islam Banten -Red), dan Buya yang sangat moderat dan menghormati siapa saja dapat menerima prilaku Pak Sigit yang simpati dengan baik. Begitu juga dengan ulama-ulama lain, Pak Sigit cepat sekali untuk beradaptasi. Beliau banyak melakukan pendekatan ke ulama-ulama sehingga kemudian mendapatkan simpati dari mereka,” tambahnya.

Bahkan, lanjutnya, suatu kali Pak Sigit pernah menggagas Tabligh Akbar di Banten dan dia berkesempatan memberikan kata sambutan. “Itu kan menunjukkan dia mampu membaur dengan baik,” kata Wahidin.

Terkait penunjukkan Komjen Sigit sebagai Kapolri, Wahidin menyatakan memberi selamat dan dukungan kepadanya. “Saya rasa ketika dulu di tingkat lokal, Pak Sigit mampu beradaptasi di tingkat nasional pun demikian. Dengan kesabarannya, Pak Sigit pasti dapat mengemban tugas yang lebih besar ini,” kata Wahidin.(***)