Kategori
All

Gerimis Iringi Acara Ritual Doa Grebeg Suro di Tugu Balai Kota

 

Busur News Com. MALANG RAYA ,- Masyarakat Peduli Budaya Nusantara kemaren malam (18/10) melakukan ritual doa grebeg suro an dibundaran Tugu depan Balai Kota Malang.

Dipandu oleh pembawa acara ,Imam Muslikh personal dari Lesbumi NU ,gerimis mengiringi rangkaian acara yang berlangsung sekitar dua setengah jam dimulai pukul 21.00 WIB. Suasana rasa kebatinan tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan , dari Kelompok Penghayat , Kapribaden , Wong Ireng ,Sedulur Petruk , Wong Gemblung , Sambung Roso dan beberapa warga yang memang konsern pada budaya.

Disampaikan dalam sambutan oleh Mbah Pri malam itu,bahwa acara tersebut sesungguhnya adalah untuk memghaturkan puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa mendapatkan kemulyaan.Sebagai manusia,agar terus mendekatkan diri pada Yang Maha Menghidupi untuk berkarakter yang baik, yang diwujudkan pada perilaku,berfikir sebelum berkata serta melakukan perbuatan dan bertindak positip yang melahirkan kebiasaan baik guna membentuk kepribadian yang berkarakter.

Dihadiri oleh salah satu Pengurus Kapribaden Propinsi Jatim,Mas Murna.Melalui Mbah Soer disampaikan pula,bahwa agama dan kepercayaan apapun yang diyakini merupakan satu tujuan bersujud pada Illahi.

β€œDan yang ada di bumi Nusantara tetap berdasar pada nilai nilai dan norma norma yang tercermin dalam dasar ideologi Pancasila ,demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ,” ujar Mbah Soer, tokoh Kapribaden.

Sementara dari salah satu warga Kelurahan Purwodadi Kecamatan Blimbing merasa senang bisa turut hadir dalam acara ritual itu.

β€œ Bagi saya hadir diacara ritual doa grebeg suro adalah bagian dari menjalin silaturohim serta belajar dan ngangsu kaweruh (menambah ilmu ) dari para sesepuh. Nilai tradisi seperti ini jangan sampai hilang dari negara Indonesia,” ungkap Sulistyawati .

Diwaktu yang sama juga digelar Wayangan di Alun Alun Kota Malang ,mengambil lakon Sesaji Rojosuyo dengan dalang Ki Ardhi Yudhiantoro.

Sebelumnya , acara yang digelar pagi pukul 10.00 wib berupa ruwatan kota malang dengan kirab budaya,usung gunungan dari Balai Kota ke Alun Alun Kota malang ,yang dihadiri oleh Asisten satu mewakili Wali Kota serta wakil dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang.(Galih).