Kategori
Entertainment

Gebyar Budaya Betawi Condet Mengangkat Harkat dan Martabat Warga Condet

 

 

 

Para panitia Gebyar Betawi Budaya Condet

Busur News,Jakarta – Gebyar Budaya Betawi Condet 2017 mengangkat Harkat dan martabat warga Betawi Condet. Dari warga untuk warga,diadakannya festival. ini agar Kebudayaan Betawi Condet tidak punah atau diakui oleh orang lain,kata panitia ketika penutupan acara festival Gebyar Budaya Condet.

 

Suryadi H Rachman SS.MM sebagai MC sekaligus panitia Gebyar Budaya Betawi Condet..

Panitia Gebyar Budaya Betawi Condet Suryadi H Rachman SS MM mengatakan, bahwa acara ini diprakasai oleh Yayasan Cagar Budaya Betawi Condet .Ketika ditemui didaerah Condet Jakarta Timur pada minggu (4/3/2017).

Yusuf membuka acara dengan lagu Renungkanlah dibawakan oleh musik betawi samrah Betawi pimpinan baba Naih Sofyan.

Musik Samrah Betawi pimpinan baba Naih Sofyan

Selain lagu2 juga ada komedi Betawi Sanggar ruang pimpinan Bang Beryl. yang bicara apa adanya dengan logat betawi yang kental dan lucu membuat para penonton terhibur dan tertawa.

Tarian dari Betawi

Kebudayaan Betawi Condet telah diadakan 2 hari yaitu tanggal 4 – 5 Maret 2017 yaitu ada bazar, tari-tarian daerah Betawi ,Gambang Kromong Samrah dan Lenong Betawi.
Ada juga bazar yang menjual kerak telor,boneka ondel2 khas makanan dan mainan Betawi dll.Baik kuliner maupun non kuliner.

Para pemain komedi Betawi Sanggar Ruang pimpinan Bang Beryl.

Menurut panitia penyelenggara sekaligus MC Suryadi H Rachman mengatakan, thema dari diadakannya acara ini yaitu ,

“Mengembangkan Tradisi Budaya Betawi untuk melestarikan warisan budaya serta menumbuhkan kecintaan terhadap budaya asli Indonesia bagi generasi Muda”,jelas Suryadi.

Lebih lanjut Suryadi berpendapat, ” Gebyar Budaya Betawi ini
sangat baik dalam melestarikan Budaya Betawi dan mengembangkan budaya betawi sehingga generasi muda akan lebih mengenal budayanya sendiri,” pungkasnya.

“Acara budaya Betawi seperti ini dalam satu tahun bisa 3 kali.
Nanti di bulan juli tanggal 29 – 30 Juli akan diadakan yg lebih meriah lagi yaitu festival condet ke 2. Di sepanjang jalan sekitar 2 kilo meter. ada 500 stand kuliner dan 7 panggung disepanjang jalan Condet”,terang Suryadi.

Para tokoh Budaya Betawi Condet dan para warga bersama menonton acara Gebyar Budaya Betawi Condet

Pada malam penutupan itu panitia mengatakan acara festival berjalan dengan baik dan semua terhibur.Di bulan Juli akan ada acara festival terpanjang sepanjang 2 km dan jalan ditutup untuk melaksanakan acara gebyar Budaya Condet yang lebih meriah lagi.Dengan Bazar,tarian daerah,gambang keromong ,samrah Betawi dll.(riena).