Kategori
Entertainment

Film Surau Dan Silek: Kenangan Masa Kecil Anak Minang

 

Busur News Com,Jakarta- Film layar lebar bergenre Drama Religi yang skenario dan sutradara hasil garapan Muhammad Arif merupakan debut pertama asli tanah Minangkabau mencoba mengingatkan budaya tanah leluhur yang telah lama ditinggalkan dan kepada generasi penerus dari sudut pandang seorang pensiunan dosen usia 62 tahun dan sudut pandang seorang anak usia SD berusia 11 tahun .

Tentang budaya Minangkabau yang percaya bahwa pendidikan di Surau adalah pilihan terbaik bagi seorang anak terutama bagi yang telah akhil baliq.

Surau adalah tempat terbentuknya pola pikir disaat mereka belajar mengaji, berdiskusi tentang segala hal serta belajar Silek (silat).

Film Surau & Silek berlokasi syuting di Bukittinggi, Agam dan sekitarnya. Seluruh pemain yang dilibatkan adalah keturunan asli Minangkabau.

Diharapkan film produksi Mahakarya Pictures berdurasi 90 menit ini dibintangi aktris peraih Citra Dewi Irawan, Gilang Dirga, Ahmad Tarmini Siregar, Komo Ricky, Praz Teguh, Yusril Katil dan Razy serta pendatang cilik Bintang Khairafi akan mengembalikan dan mengingatkan kita pada khasanah budaya Minangkabau menengok ke puluhan tahun lalu.

Para tokoh asal Minangkabau cukup mendominasi perkembangan zaman antara lain Muhammad Hatta, Agus Salim, Tan Malaka, Hamka, Soetan Sjahrir, M.Natsir, Mohammad Yamin, Usmar Ismail, Chairil Anwar dan banyak lagi tokoh lainnya menorehkan sejarah bangsa Indonesia.(Iksa).