Kategori
All

Fahri Hamzah : Saya Curiga LSM- KPK – Oknum Besar Bermain

BUSUR News Com,Jakarta— Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah curiga ada kongkalikong antara Komisi Pemberantasan Korupsi dengan lembag swadaya masyarakat terkait penolakan pada hak angket. Tudingan itu terkait laporan sejumlah LSM ke KPK yang menyebut Fahri menggangu proses hukum kasus korupsi.

“Kenapa saya kritik KPK yang marah LSM. Saya curiga LSM ini kongkalikong,” ujar Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/5).

Selain dilaporkan ke KPK, Fahri juga dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia.

Fahri mengatakan, laporan ke MKD dan KPK adalah hak setiap warga negara. Ia mengaku, siap diperiksa soal alasannya mengkritisi kerja KPK selama ini, termasuk dalam proses

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini mengklaim berani lantaran punya data bahwa ada LSM yang menerima dana dari KPK. Dana tersebut digunakan untuk memuji KPK dan menyerang pihak yang mengkritisi lembaga tersebut.

“Saya ingin membuka satu relasi pola yang tidak sehat yang tercipta di masyarakat kita. Sehingga imajinasi soal korupsi tidak rasional. Misal siapa yang setiap hari memuji KPK dan mendapat dana. Saya tahu itu dan punya datanya,” kata Fahri.

Menurutnya, ini bukan kali pertama dirinya mengkritik lembaga antirasuah. Pada tahun 2006 ia mengaku pernah mengirim sebuah tulisan ke sejumlah media namun ditolak lantaran media telah memiliki MoU dengan KPK.

“Saya kirim artikel saya ke taman-teman Pemred lalu ditolak dengan kata-kata ‘Kami punya MoU dengan KPK dan tidak boleh mengkritik KPK’,” ujarnya.

(Riena)