Dr.Ferdinand SPM Musisi Peduli Kesehatan Rakyat Indonesia.

 

 

Waspada Terhadap Perubahan Iklim yang tidak menentu bagi Kesehatan.

 

 

Busur News Com ,Jakarta -Musim Penghujan dan Musim Kemarau di Indonesia saat ini sulit di prediksi, sehingga di beberapa daerah rawan akan penyebaran penyakit, khususnya di DKI Jakarta yang padat penduduk .Ketika ditemui redaksi Busur News di Jakarta ,Rabu ( 5/4/2017).

Menurut Dokter Ferdinand F Tumewu SPM ,bahwa penyakit yang mudah menular di musim hujan adalah penyakit Diare, Kolera, Tyfus, dan Disentri. Dan yang tak kalah mengkawatirkan adalah adanya penyakit Malaria, TBC, Asma, dimana penyakit tersebut menyerang paru-paru dan pencernaan.

“Adanya kemungkinan timbulnya wabah penyakit di satu wilayah, dibutuhkan keseriusan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan harus sigap mengantisipasi kemungkinan timbulnya wabah, untuk mengantisipasi harus dilakukan pencegahan dengan menurunkan penyuluh kesehatan, Dokter Puskesmas maupun Bidan ke masyarakat padat penduduk, baik dengan seminar, Focus Discussion Groub, Dialog tingkat RT/TW serta selebaran,”jelasnya

“Kalau perlu dibentuk kelompok masyarakat peduli kesehatan, agar kemungkinan wabah bisa diantisipasi sejak dini oleh masyarakat itu sendiri,”kilahnya.

Dokter Ferdinand berharap petugas kesehatan harus aktif melakukan penyemprotan di titik-titik rawan penyakit, fogging sangat berguna untuk menekan tumbuhkembangnya bakteri penyakit maupun kemungkinan adanya nyamuk Aedes Agepti, untuk mencegah penyakit Malaria maupun DBD.

“Peran aktif Dinas Kesehatan juga harus mampu melakukan pendataan warga yang pernah terinfeksi penyakit, khususnya Demam Berdarah Dengue maupun penyakit lain yang bisa menular, dan Petugas Kesehatan juga harus jemput bola, dengan mendatangi daerah rawan penyakit untuk melakukan pengobatan gratis, dimana jika ditemukan ada yang sakit harus segera diobati,”pungkasnya.

“Sehingga penanganan kesehatan harus berkesinambungan, dan tidak terjadi wabah penyakit di musim yang tidak menentu ini, tegas Pria Ganteng berbadan kekar yang juga Dokter Spesialis Mata.

“Disamping itu, untuk menjaga kesehatan juga harus diawali dari keluarga, inilah dibutuhkan pemahaman akan menjaga kesehatan,”kata dr Ferdinand.

Dr.Ferdinand mengatakan,bahwa penyuluhan kesehatan sangat dibutuhkan masyarakat, untuk bisa menjelaskan bagaimana menghindari hal-hal yang bisa berisiko terhadap penyakit.

Bagaimana cara hidup sehat, masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, seperti limbah melalui proses pembusukan, kuman penyakit bisa disebarkan oleh lalat maupun tikus, bisa menyebarkan penyakit yang harus diantisipasi.

Dan yang tidak kalah penting adalah menyiapkan Kotak P3K ditiap rumah, papar Dokter juga seorang Vokalis di Grub Band New Golden, yang selalu ramah melayani setiap pasiennya.

Selain sebagai ďr mata dr Ferdinand yang musisi ini dalam 2 bulan mendatang  akan promosi lagu Jomblo.Kontrak dengan Label Malaysia…melalui Evo Music factory .

New Golden Band dengan vocalisnya Dr Ferdinand siap promosi ke mancanegara dalam  2 bulan ini.(Riena).