Kategori
Daerah

Deklarasi Komite Pemulihan Ekonomi KUMKM Malang Raya

caption : Suasana deklarasi KPE KUMKM  Malang Raya

Busurnews.com, MALANG RAYA – Aspek ekonomi, kesejahteraan sosial yang terdampak akibat pandemi covid 19 dengan keterbatasan aktivitas masyarakat harus dibangkitkan kembali menuju pemulihan ekonomi.

Berdasar persamaan senasib dan sepenanggungan, keguyuban dengan semangat yang sama ‘Dari Rakyat, Oleh Rakyat, dan Untuk Rakyat maka bersatunya para pelaku umkm bergerak bersinergi, bekerja cerdas untuk bangkit dari keterpurukannya. Ihtiar pemulihan ekonomi tidak terlepas dari upaya bertahan hidup sesuai Pancasila yang bernafaskan adil yang keadilan sosial bersama.

Deklarasi Komite Pemulihan Ekonomi /KPE KUMKM tidak terlepas dan negara harus hadlir serta tidak dapat dipisahkan dari Program Nasional, yaitu Komite Pemulihan Ekonomi Nasional sesuai Perpres 82 tahun 2020. Dan KPE KUMKM Malang Raya berinisiatif melakukan terobosan akses pemulihan ekonomi bagi kelompok usaha yang terdampak akibat covid 19.

Bertempat diseputar Balaikota Malang pada hari Jumat (31/07/2020) beberapa perwakilan pelaku usaha (umkm)yang berdampak covid hadir di area jalan Tumapel mendeklarasikan KPE KUMKM Malang Raya.

Deklarasi yang berada diruang para penikmat kopi itu dalam satu visi misi ruang keinginan yang sama.

Deklarasi tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Pendiri INAKER-Indonesia Bekerja, KRMH Gagoek Kapoet Triana sekaligus sebagai Penggagas lahirnya KPE KUMKM Malang Raya

Dalam sambutan singkatnya, sang penggagas mengatakan, bahwa dirinya prihatin karena tidak ada kemajuan berarti dan mendasar yang dirasakan langsung oleh rakyat,khususnya para pelaku umkm. “Padahal pelaku UMKM 60,3% penyumbang PDB (Pendapatan Domistik Bruto)yang tenaga kerja 90% lebih menyerap dan itu faktanya” ujar sang penggagas

“Maka sudah saatnya nya pelaku KUMKM Malang Raya bersatu bersama dalam gerakan ideologi harus membangun ekselerasi sinergi dengan terlibat langsung dalam satu hal bersama pemangku kepentingan publik yang mengabdi pada negara sebagai pelayan rakyat” tegasnya

Sementara itu, sebelum pembacaan naskah deklarasi,sebagai sekretaris KPE KUMKM Malang Raya, Roni Agustinus menyampaikan ” Maka lahirnya KPE KUMKM Malang Raya harus dilibatkan langsung oleh pemerintah pusat maupun daerah sebagai bagian dari satgas pemulihan ekonomi, kita akan kawal dan mengadvokasi dalam pelaksanaannya” tegas Roni.

Usai pembacaan naskah deklarasi, ruanganpun bergema dengan dengan yel-yel ‘KUKM Bersatu Tidak Bisa Dikalahkan’ dan diakhiri dengan salam Satu jiwa, Malang Kucecwara (benci kebatilan, gandrung kebenaran) ditanah Tumapel menuju Kejayaan Nusantara baru.
Salam Satu Jiwa ‘MALANG KUCECWARA’

Adapun para pengurus KPE KUMKM Malang Raya adalah : Ketua Dewan Penggagas :KRMH Gagoek Kapoet Triana.
Koordinator Malang Raya, M. Lutfi(Palupi) , sekretaris. Roni Agustinus ,dan Humas. Hery Yulianto (Galih) Koordinator Kota Malang, Djoko Randy, Koordinator Kabupaten Malang Wisnu.
(galih)