Kategori
Polri

Dandim 1405/Mallusetasi Audience Bersama Ketua Bawaslu Barru di Parepare

 

 

Busurnews.com, BARRU- Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1405/Mlts, Lekol Kav Ali Syahputra Siregar, SH.MH., melaksanakan kegiatan tatap muka atau audience bersama dengan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Barru, Nur Alim, MHi., di kantor Kodim 1405/Mlts., jalan Jenderal Ahmad Yani, Lapadde, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Senin (6/7).

Kegiatan Audiece Dandim 1405/Mlts bersama Pimpinan Bawaslu Kabupaten Barru ini adalah dalam rangka silaturahmi menjelang pelaksanaan Pilkada 2020.

Selain Dandim dan Ketua Bawaslu Barru, audience ini juga turut dihadiri oleh, Ketua Divisi SDM Bawaslu Barru, Farida, SH., Ketua Divisi Pencegahan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Barru, Ir. H. Abdul Mannan. M.Si. MH., dan Pasi Intel Kodim 1405/Mlts., Kapten Inf. Agus S.

Dandim Mallusetasi, Letkol Kav. Ali Syahputra Siregar menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Ketua Bawaslu Kabupaten Barru dan jajarannya yang menyempatkan diri untuk bersilahturahmi ke Kantor Kodim 1405/Mlts.

Ali Syahputra mengatakan, menyikapi isu-isu perkembangan situasi nasional saat ini dan pada umumnya di wilayah Sulsel serta pada khususnya situasi di Kabupaten Barru, perkembangan saat ini yang menjadi Atensi pimpinan adalah terkait Virus Covid-19 yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat serta pada Pilkada serentak tahun 2020 di beberapa Kota/Kabupaten di Indonesia.

“Merujuk ST Komando atas terkait penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Barru, Kodim 1405/Mlts sebagai pasukan teritorial di wilayah, senantiasa menjunjung tinggi Netralitas TNI dalam kegiatan Pilkada serta turut serta dalam pemberian rasa aman kepada masyarakat sehingga pesta demokrasi berjalan aman dan kondusif” kata Dandim disela sela kegiatan audience tersebut.

Ali Syahputra menambahkan, harapan kita semua demi untuk menimalisir pelanggaran Pilkada serta pengamanan dalam Pilkada, diperlukan sosialisasi yang dilaksanakan oleh TNI dan Polri, agar dapat memiliki pedoman/acuan dilapangan, sehingga tidak terjadi salah prosedur dalam melaksanakan pengamanan Pilkada.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Barru, Nur Alim S.Hi., juga menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan dan penyambutan Dandim 1405/Mlts beserta jajarannya.

Nur Alim menjelaskan, bahwa Pilkada di Kabupaten Barru sudah mulai pada tahap Perekrutan Partai pengusung pada Balon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Barru. Bawaslu Kabupaten Barru menaruh harapan besar kepada aparat pengamanan, dalam hal ini TNI/Polri dan Bawaslu utk bersinegritas dilapangan, berkoordinasi secara terus menerus terkait situasi di wilayah baik setelah penetapan Balon Bupati/Wakil Bupati sampai dengan Penetapan Bupati/Wakil Bupati terpilih.

“Terkait Pilkada Kabupaten Barru tahun 2020, Bawaslu Barru masih mempunyai keterbatasan dalam hal tingkat pengawasan di masyarakat, sehingga besar harapan kami utk bersama sama aparat TNI/Polri selalu ada bersama kami, demi terselenggaranya Pilkada Kabupaten Barru yang demokratis, bermartabat dan berkualitas” terang Nur Alim.

Nur Alim menambahkan, menindaklanjuti penekanan Komandan Kodim 1405/Mlts, terkait sosialisasi, pihak Bawaslu Barru sangat respon dgn kegiatan tersebut.

“Terkait sosialisasi, kami dari Bawaslu Kabupaten Barru, sangat merespon, karena sangat menunjang pelaksanaan kegiatan kedepan demi terciptanya rasa aman dalam pelaksanaan tugas sebagai pengamanan Pemilu Kepala Daerah khususnya di Kabupaten Barru” pungkas Nur Alim.

(Hasyim)