Kategori
kesehatan

Bulan Ramadhan BPOM Intensif Melakukan Operasi Khusus

 

Oleh: Dhedi Rochaedi Razak

Busur News Com,Jakarta – Memasuki bulan Ramadan lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM intensif melakukan operasi khusus dengan memeriksa kandungan zat berbahaya yang terdapat pada makanan olahan dan takjil ke berbagai daerah di Indonesia.
Adanya penurunan jumlah makanan yang tidak memenuhi ketentuan dari BPOM secara nasional, di Pasar Benhil Jakarta Pusat, Jumat 3 Juni 2017.
*Yang tidak memenuhi ketentuan sudah turun dari 2014 sampai sekarang*.
*Tiga tahun lalu, 15,5 persen yang tidak memenuhi ketentuan jadi masih melanggar aturan yang ada, tapi sampai sekarang 2015, 2016 turun 7,7 persen dan dalam dua pekan sudah turun 5,3 persen*.
Turunnya jumlah makanan yang tidak memenuhi syarat makanan sehat menurut BPOM karena program intensifikasi yang dilakukan satu minggu sebelum ramadhan dan satu minggu setelah lebaran, dengan pelaporan setiap satu minggu sekali.
Selain pengamatan, intensifnya program yang dilakukan BPOM karena mereka turun ke lapangan dan replikasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah yang menjadi faktor suksesnya penurunan jumlah makanan tidak memenuhi syarat.
*Komitmen pemerintah daerah untuk terus mengembangkan sidak dan pengamatan yang tidak hanya dilakukan di pasar tradisional tapi juga di pusat penjualan pangan pengolahan salah satunya seperti di pasar*.

 

(Rn)